Sunday, March 11, 2012

Rhesus Darah, Macam, Penentu dan Pegaruhnya pada Kehamilan

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/03/rhesus-darah-macam-penentu-dan.html



Rhesus darah merupakan salah satu metode penggolongan darah. Memang penggolongan darah berdasarkan rhesus memang jarang dijumpai di Indonesia. Penggolongan darah di Indonesia sering kali dibedakan menjadi 4 golongan utama dan faktor penentu penggolongan darah berdasarkan pemberian aglutinogen atau anti penggumpalan darah, yaitu:

  • Golongan darah A, apabila darah menggumpal bila diberikan aglutinogen β.
  • Golongan darah B, apabila darah menggumpal bila diberikan aglutinogen α.
  • Golongan darah AB, apabila darah menggumpal bila diberikan aglutinogen α dan β.
  • Golongan darah O, apabila darah sama sekali tidak menggumpal bila diberikan aglutinogen α dan β.
Sedangkan macam penggolongan darah berdasar ada tidaknya protein atau antigen dalam permukaan darah, jarang sekali digunakan. Hal ini digunakan sebagai faktor penentu macam rhesus seseorang, yaitu rhesus positif (+) atau rhesus negatif (-), yaitu:

  • Apabila seseorang memiliki protein di permukaan sel darahnya, maka orang tersebut diidentifikasikan rhesus positif (+).
  • Apabila seseorang tidak memiliki protein di permukaan sel darahnya, maka orang tersebut diidentifikasikan rhesus negatif (-).
Istilah rhesus darah diambil dari suatu spesies kera Macaca mulatta yang banyak dijumpai di India dan Tiongkok.

Rhesus negatif, banyak dijumpai pada penduduk Eropa, Australia dan Amerika, sedangkan rhesus positif banyak dijumpai pada penduduk Asia dan Afrika. Oleh karena penduduk Indonesia mayoritas memiliki rhesus positif, dan hanya 2% yang memiliki rhesus negatif, perlu persiapan pemeriksaan golongan darah khusus bagi wanita yang merencanakan kehamilan. Siapa tahu calon ibu memiliki rhesus negatif, sehingga membahayakan janin yang dikandungnya.

Apabila janin memiliki rhesus positif, tubuh calon ibu akan membuat produk antirhesus yang akan menyerang janin, namun apabila janin memiliki rhesus negatif dan calon ibu memiliki rhesus positif, tidak akan membahayakan janin yang dikandung...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.