Monday, April 9, 2012

Apa itu Transcatheter Aortic Valve Implantation/TAVI?

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/04/apa-itu-transcatheter-aortic-valve.html



Transcatheter Aortic Valve Implantation atau TAVI adalah salah satu metode pengobatan penyakit Aortic Stenosis atau penyempitan katup aorta dengan jalan memasangkan ring pada pembuluh darah koroner. Dengan memasangkan ring pada pembuluh darah koroner ini, suplai darah dari bilik kiri jantung ke arteri disekitarnya bisa menjadi lebih lancar, sehingga resiko gagal jantung dapat dihindari.

Penyempitan aorta ini bisa terjadi pada manula ataupun pada dewasa/anak-anak. Pada manula biasanya terjadi karena timbunan kalsium pada katup, sedangkan pada dewasa/anak-anak disebabkan karena cacat katup bawaan sejak lahir.

Bagaimana teknik Transcatheter Aortic Valve Implantation/TAVI ini dilakukan? Caranya dengan memasukkan kateter berdiameter 6 mm dari bagian femoral atau pangkal paha. Kateter tersebut langsung dipasang pada katup jantung yang bermasalah. Sebelum pemasangan dilakukan, katup jantung yang tersumbat dibuka lebih dahulu dengan menggunakan balon. Alat tersebut akan selamanya berada didalam jantung pasien, karena keunikannya yang berbentuk seperti bunga, yang akan menjaga katup agar tetap terbuka.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.