Sunday, September 2, 2012

Asupan Terbaik Saat Cuaca Panas

Jaga daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsinya.


VIVAlife - Sengatan sinar matahari dapat memberikan berbagai macam dampak buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, daya tahan tubuh perlu dijaga agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi asupan tertentu.

Menurut Ritika Samadar, seorang pakar gizi, ketika musim panas sebaiknya hindari konsumsi makanan berminyak. Lalu, perbanyak asupan yang mengandung cairan, seperti air putih, air kelapa, atau perasan limun.

"Di musim panas, makanan ringan yang mudah dicerna sebaiknya diutamakan. Makanan berminyak seperti pizza atau burger harus dihindari," katanya seperti dikutip dari Intoday.com

Apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi saat cuaca panas?

1. Jagung
Camilan sehat ini merupakan sumber asam pantotenat yang merupakan sumber vitamin B. Fungsinya untuk menurunkan risiko stres saat panas dan kadar kolesterol. Cara terbaik mengonsumsi jagung adalah dengan dipanggang atau direbus.

2. Mangga
Buah dengan warna kuning menggoda ini dapat memberikan efek segar bagi tubuh. Selain sebagai sumber vitamin C, ternyata buah mangga dapat menjadi obat yang baik dan efektif untuk menghindari kelelahan dan heat stroke saat cuaca panas.

3. Kapulaga
Ini adalah bahan yang sering digunakan sebagai bumbu aromatik masakan. Kapulaga jika diseduh seperti teh juga memiliki manfaat lain. Bagi Anda yang memiliki aktivitas di lapangan, minuman teh kapulaga dapat membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, sehingga Anda terhindar dari penyakit.

4. Yoghurt
Banyak orang menyukai minuman hasil fermentasi ini. Yoghurt memiliki kandungan nutrisi dan kalsium, yang bisa membantu meredakan pembengkakan dan alergi selama musim panas. Campurkan saja irisan buah pada yogur tawar dalam keadaan dingin. Rasanya sangat nikmat dan menyegarkan.

5. Aprikot
Vitamin C, kalium, dan serta pada buah ini dapat memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh. Buah ini juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat yang biasanya mudah muncul saat cuaca panas. (ren)            

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.