Monday, September 3, 2012

Festival Lembah Baliem 2012 (Photo)

Lomba Alat Musik Pikon. Salah satu peserta memainkan permainan musik Pikon di Kampung Wosiala, Desa Wosilimo, Distrik Usilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis (9/8). Musik Pikon adalah sejenis alat musik tiup yang menghasilkan bunyi melalui bantuan rongga mulut dan udara yang dihembuskan bersamaan dengan getaran dari alat musik pikon tersebut. Lagu yang diperdengarkan merupakan ungkapan sastra ataupun isi hati sang penyair atau musisi tersebut. (Amiri Yandi)

Pejuang. Suku Dani salah satu suku yang terdapat di Pegunungan Tengah, Papu, Indonesia dan mendiami keseluruhan Kabupaten Jayawijaya. Suku-suku lain yang terdapat di daerah ini antara lain Yali dan Lani. (Amiri Yandi)

Partisipasi. Ratusan masyarakat Suku Dani mengikuti atraksi perang antar suku pada Festival Lembah Baliem di Distrik Usilimo, Jayawijaya, Papua, Festival yang berlangsung selama empat hari ini diikuti oleh 40 Distrik. (Amiri Yandi)

Pemimpin Perang. Satu Kepala suku di dampingi dua Panglima Perang dari Suku Dani bersiap melakukan melakukan tarian perang-perangan pada Festival Budaya Lembah Baliem. (Amiri Yandi)

Barapen. Upacara adat Barapen atau bakar batu dilaksanakan dalam acara-acara adat. Mulai dari sebagai simbol perdamaian jika terjadi perang suku sampai acara peresmian, baik peresmian gedung dan pesta adat lainnya. (Amiri Yandi)

Gitar Tradisional. Para peserta memainkan alat musik tradisional gitar dari Distrik Tagime di Kampung Wosiala, Desa Wosilimo, Distrik Usilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (10/8). Alat musik gitar tradisional terbuat dari kayu wiki yang merupakan kayu paling ringan dari kayu-kayu lainnya, Gitar Tradisional digunakan dalam tarian tradisional tukar gelang . (Amiri Yandi)

Lomba Lempar Tombak. Beberapa warga asing berpartisipiasi mengikuti perlombaan melempar panahan dan tombak, perlombaan ini merupakan perlombaan yang disiapkan oleh panitia festival Lembah Baliem untuk wisatawan asing dan setiap pemenang akan mendapatkan berbagai hadiah yang menarik. (Amiri Yandi)

Hadiah. Beberapa wisatawan menunjukan hadiah kepada temannya dan warga sekitar yang menang dalam perlombaan panahan dan lomba lempar tombak. (Amiri Yandi)

Membeli Noken. Seorang wisatawan asing membeli Noken ( tas anyaman dari tali ) di tempat Pameran hasil kerajinan tangan Festival Lembah Baliem. (Amiri Yandi)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.