Monday, September 3, 2012

Kampung Budaya Karawang Selesai Akhir 2012

pelitakarawang.com

KARAWANG, KOMPAS.com--Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menargetkan proyek pembangunan Kampung Budaya Gerbang Karawang yang akan menjadi ikon pariwisata dan budaya asli daerah tersebut  selesai pada akhir 2012.

"Proyek pembangunan Kampung Budaya Gerbang Karawang ini diharapkan bisa diselesaikan dengan baik pada akhir tahun ini, sehingga bisa segera difungsikan pada tahun mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang Acep Jamhuri di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, jika tidak ada hambatan, penyelesaian proyek pembangunan Kampung Budaya Gerbang Karawang tersebut bisa selesai pada akhir 2012. Tetapi ketika dilihat dari perkembangan pembangunannya, pada akhir tahun ini proyek pembangunannya bisa selesai.

Jika proses pembangunannya selesai, kata dia, maka Kampung Budaya Gerbang Karawang akan diproyeksikan sebagai "windows shopping" Pariwisata dan Budaya asli Karawang, yakni mencakup pameran dan promosi budaya serta dilengkapi dengan fasilitas restoran dan penginapan.

"Berbagai bangunan di sekitar Kampung Budaya Gerbang Karawang itu disetting terbuat dari unsur bambu serta dilengkapi dengan panggung pertunjukan kesenian," katanya.

Menurut dia, Kampung Budaya Gerbang Karawang merupakan salah satu program besar yang tengah digarap Pemerintah Kabupaten Karawang, dibangun dilokasi strategis, sekitar 2 -3 kilometer dari gerbang Tol Karawang Barat.

Kampung Budaya Gerbang Karawang itu sendiri dibangun diatas 3,7 hektare dan ke depan akan terus diperluas lagi sekitar 10 hektare.

Dalam perencanaannya, Kampung Budaya Gerbang Karawang tersebut diperkirakan membutuhkan anggaran hingga mencapai Rp25 miliar. Alokasi anggaran tersebut tidak hanya bersumber dari APBD Karawang, tetapi juga didukung dari APBD  Provinsi Jawa Barat.

Sumber                            

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.