Thursday, September 13, 2012

Minyak Jelantah Jadi Pembersih Lantai

Image: Corbis

YOGYAKARTA - Minyak jelantah atau limbah minyak goreng biasanya hanya dibuang oleh ibu-ibu rumah tangga dan warung makanan kaki lima. Minyak yang sudah pernah dipakai tersebut sudah tidak sehat untuk dikonsumsi. Namun, siapa sangka jika minyak jelantah bisa dimanfaatkan sebagai pembersih lantai?

Adalah Hasan Ashari, Asri Novianti, C Nulat Panggayuh Mahardika, dan Wahana Cahya Wibawa, mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berhasil memanfaatkan minyak jelantah untuk dijadikan pembersih lantai. Para mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) berhasil membuat minyak jelantah "Karbol Milan".

Karbol Milan diproduksi dalam beberapa varian aroma, yaitu aroma jeruk nipis, apel, bougenvil, dan melati. Karbol Milan dikemas dengan botol plastik bening berukuran 600 ml disertai label produk dan petunjuk penggunaan. Proses produksi Karbol Milan dibagi menjadi tiga tahapan, yakni tahap penjernihan minyak jelantah, tahap pembuatan karbol dan tahap pengemasan produk.

"Karbol merupakan produk pembersih lantai yang banyak digunakan oleh masyarakat. Produk pembersih lantai produk kami lebih ekonomis," ungkap Asri.

Satu botol Karbol Milan tersebut dibanderol dengan harga Rp4.500. Namun, bagi pihak yang ingin bekerjasama sebagai mitra maka harganya bisa turun menjadi Rp4.000 per botol.

"Selain itu, produk ini juga belum dikenal masyarakat luas sehingga diperlukan strategi promosi dan pemasaran guna memperkenalkan produk ini. Strategi promosi dan pemasaran yang telah kami lakukan baru melalui media internet, pamflet, gelar produk, demo produk, dan menjalin kemitraan," tambah Hasan .(ratih keswara/koran si)(//rfa)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.