( foto ilustrasi )
Di dalam kehidupan saya kadang-kadang mengalami suatu kejadian yang tidak dapat diterangkan dan saya tidak mendapatkan jawabannya kenapa hal itu bisa terjadi. Anda mungkin juga pernah mengalami peristiwa yang misterius. Aneh? Bisa ya dan bisa juga tidak. Simaklah kisah saya di bawah ini.
6 bulan yang lalu Remote control TV Samsung 29 “ kami mendadak tidak berfungsi dengan normal. Tidak ada riwayat: terjatuh atau kemasukan air.
Saya berniat memanggil Tehnisi Samsung.
Saat itu hari Jum’at, sepulang dari pelayanan Kesehatan di Panti Wreda, mobil jemputan melewati Kantor Service Samsung di sebuah jalan di kota kami. Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 11.50. Sebentar lagi Solat Jum’at.
Saya melihat 2 orang karyawan keluar dari Kantor Service Samsung itu.
Saya berkata kepada salah seorang karyawan “Pak, TV Samsung kami rusak. Tolong tanya….”
Belum selesai saya berkata, ia menjawab “Tidak bisa Pak. Kami mau istirahat.”
Mereka bergegas meninggalkan saya. Tamu yang datang ke Kantor dimana mereka bekerja tidak dilayani dengan baik, walaupun itu sekedar untuk bertanya.
Kalau seandainya ia menjawab “Bagaimana Pak, kalau datang satu jam lagi? Maaf kami sudah waktu istirahat.”
Rasanya masuk akal juga dan kami tentu tidak dapat memaksa mereka harus melayani saya walaupun itu hanya sekedar bertanya.
Saya pulang dengan rasa kecewa yang mendalam diantar mobil dan Supir yang sama. Saya tidak pernah menolak atau mengusir pasien yang datang ke tempat praktik kami meskipun itu hari Minggu atau hari Libur Nasional.
Selama kami dapat melayani pasien yang datang, kami akan melakukannya. Kalupun tidak dapat menolong dengan baik, misalnya karena luka yang parah akibat suatu kecelakaan lalu lintas, maka kami akan memberikan Surat Rujukan ke RS terdekat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Untuk kasus KLL ini kami tidak memungut doctor fee, walaupun kami sering kali memberikan Kain Kasa dan Kasa pembalut luka.
Saya membatin, semoga Remote TV kami dapat berfungsi dengan baik. Mungkin perlu ganti batere baru. Ini saya lakukan degan harapan agar Remote TV ini dapat bekerja dengan baik. Hasilnya Remote tetap dapat tidak berfungsi! Saya menyerah. Saya biarkan saja.
Keesokan harinya, saya mencoba untuk menelepon Kantor Service Samsung yang sama. Jawaban petugas disana akan mendatangi rumah kami untuk memeriksa apa kerusakan TV kami.
1 jam kemudian salah seorang Tehnisi ( montir ) Samsung yang masih muda tiba di rumah kami. Setelah memeriksa Remote tidak berfungsi ia berkata bahwa ini disebabkan oleh suatu sparepart yang harus diganti, tetapi sudah tidak diproduksi lagi. Jadi TV tetap tidak dapat diperbaiki.
Ia berkata dengan enteng “Beli TV yang baru saja Pak, yang ini modelnya sudah tertinggal jauh”. Jengkel juga saya mendengar ucapannya ini.
Memang TV itu kami beli sekitar 10 tahun yang lalu, tetapi warna dan suaranya masih bagus, hanya kalau Remote di pencet Layar Monitor tidak memberikan respon apa-apa. Seolah-olah tidak ada komunikasi antara remote TV dan Reseptor yang ada di dalam TV Samsung 29 “ ini.
Meskipun Tehnisi ini tidak membongkar TV kami, ia tetap menangih jasa transport Rp. 10.000,- karena sudah datang mengunjungi rumah kami, sejauh 2 Km dari Kantor mereka.
Siapa yang mau membeli TV yang tidak bekerja dengan baik?
Akhirnya saya biarkan TV itu berada di tempat tinggalnya yang sudah didiami sejak berahun-tahun. TV itu tetap kami lihat, tetapi tidak dapat ganti saluran, diam di salah satu saluran TV (channel ).
Keesokan harinya ada perubahan sikap Remote dan TV ini.
Saya tekan tombol Remote yang mana saja, hasilnya bagus seperti sediakala.
Remote dan TV ini seolah mengerti keinginan kami yang masih ingin melihat penampilan Monitornya.
Sudah 2 bulan hal itu tetap baik seperti semula, padahal TV dan Remte itu tidak pernah di bongkar untuk diperiksa lebih lanjut oleh Tehnisi Samung.
Kenapa bisa begitu? Saya tidak tahu jawabannya! Sampai sekarang hal itu menjadi misteri bagi kami.
Kami bersyukur dan tidak jadi membeli TV yang baru.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.