Monday, January 3, 2011

Handphone Android



Tahun 2010 Operating Sytem Android pada Handphone, tablet, Laptop sedang booming.

Nokia E63 yang saya pakai sekitar 10 bulan, dihibahkan kepada isteri saya. Handhone Motorola Q8 nya mengalami kerusakan.

Dari Buku Mini Gallery Brosure dari BCA Credit Card ada fasilitas cicilan selama 12 bulan dengan bunga 0%. Saya lihat ada Handphone Huawei U8100 (Aviator), dengan OS Android 2.1 ( Éclair ) yang dapat dibeli secara cicilan. Saya ingin mencoba HP ini.

Saya kirimkan pesanan ini kepada BCA dan beberapa hari kemudian saya menerima kiriman via kurir dari PT Sarindo, Jakarta, sebuah HP yang saya pesan masih  dalam keadaan disegel.

HP ini di-bundle dengan SIM card dariOperator XL, tidak di-lock terhadap satu operator.
Terbiasa menggunakan HP dengan OS Symbian ( Nokia  ) kemudian beralih ke OS Android merupakan suatu pengalaman baru yang mesti saya pelajari dari Buku Manual.

Dari pengalaman selama 2 bulan menggunakan HP ini saya mengambil kesimpulan pribadi, ada kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihannya:
Mudah untuk mendownload aplikasi langsung dari HP yang tersedia di Android market. Bermacam aplikasi dapat didownload secara Free.
Dengan menginstal Browser Opera Mini, saya dapat dengan cepat masuk ke: m.detik.kom; m.kompas.com; m.lipuan6.com yang sering saya kunjungi untuk mendapatkan berita yang terbaru.
Tampilan pada layar Monitor HP ini menarik ( lebih menarik dari pada Nokia E63 ).

Kekurangannya:
Batere yang cepat melemah. Hanya kuat 1 hari dengan pemakaian yang standar ( terima SMS, bicara via HP dan browsing beberapa web. Mendengarkan Radio / lagu MP3 tidak dilakukan  ). Pushmail diaktipkan dengan menyedot power dari batere.
Tampilan layar monitor yang redup  pada tempat yang terang ( di luar rmah atau dibawah sinar matahari ).

Kekurangan batere yang hanya tahan 1 hari atau kurang dari 1 hari ini konon juga dialami pada HP Blackberry dan Iphone. Yang utama karena pushmail bekerja 24 jam sehingga menyedot tenaga batere lebih banyak dari pada HP lain.

Untuk megurangi kelemahan batere  ini saya membuat:
Kekontrasan layar montor lebih redup dengan men-setting dari Menu Setting HP ini.
Menginstal aplikasi Battery Booster ( download dari Market ) untuk mengatur Night mode dan day mode. Pada Day mode dan Night mode dapat diatur pada ajam berapa samapi jam berapa HP tidak aktip. Dengan demikian power batere dapat tidak terkuras habis saat nonaktive.
Mungkin ada cara lain yang belum saya praktikkan.

Ada saran dari Anda?
Terima kasih atas masukkannya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.