Wednesday, September 21, 2011

Tips Memilih Investasi Perbankan


Apa kabar dengan Indonesia? Mudah-mudahan koruptor musnah dan semoga Anda juga sukses dengan aktivitasnya. Belum lama ini saya berbincang dengan salah seorang Public Relation Manager Bank OCBC NISP, semoga tidak salah namanya adalah Ibu Grace.

Akhirnya saya pun berbincang dengan beliau di kantor pusat OCBC NISP di Jakarta Selatan. Lantas tanpa basa basi tersudutlah obrolan tentang gimana caranya memilih bank yang "pas" untuk kebutuhan kita.     

Keberhasilan dan kegagalan terhadap instrumen investasi telah Anda alami sepanjang tahun 2011. Ada yang berhasil meraih keuntungan dan sebaliknya kerugian. Keberhasilan meraih keuntungan dalam berinvestasi, tentu bukan sebuah “dewi fortuna”. Tapi pengetahuan dasar Anda yang menentukan, salah satunya.

Perkembangan dunia perbankan telah menjamur seantero Indonesia. Apalagi penduduk Indonesia lebih dari 200 juta jiwa, sangat berpotensi untuk menjadi pangsa pasar investasi perbankan. Namun sayangnya, tak sedikit nasabah atau investor menjadi korban “kenakalan” dan buruknya manajemen bank. Maka itu, Anda harus waspada  menentukan investasi sesuai kepribadian dan kebutuhan Anda. Bagaimana caranya?

Langkah Memilih Bank
Investasi bukan hanya untuk Anda yang memiliki kelebihan uang. Tapi punya gaji standar pun harus merencanakan investasi terbaik di masa mendatang. Dengan catatan kebutuhan pokok tercukupi dan bisa mengalokasikan penghasilan Anda untuk berinvestasi. Apalagi bisnis investasi terbilang sangat prospektif. Lalu bagaimana cara memilih investasi perbankan yang tepat?

Pertama, kenali reputasi bank sebelum menempatkan dana Anda. Pilihlah bank terpercaya dan transparan dalam mengumumkan laporan tahunan pertumbuhan kredit bruto (gross loans growth) dan aset bank. Indikasi itu menunjukan besarnya kepercayaan masyarakat terhadap bank tersebut, sebagai jaminan keamanan dan pertumbuhan yang menarik bagi investasi Anda. Bisa Anda lihat website layanan bank dan media massa.

Kedua, bank yang berkomitmen sebagai partner Anda. Paling tidak, bank yang berkomitmen “your partner for life” dengan standar dunia yang beroperasi melebihi standar perbankan internasional di semua bidang. Melalui jaringan produk layanan perbankan konsumer, mikro, komersial, korporasi, grup treasury, perluasan kantor, IT dan fasilitas menarik lainnya yang sesuai kepribadian dan kebutuhan investasi Anda.

Ketiga, kualitas layanan. Manajemen yang professional, solid, dan handal adalah terbukti dengan sertifikasi manajemen mutu ISO 9001 dari lembaga yang berwenang.

Keempat, bank yang kokoh dan berdaya saing tinggi. Antara lain bank yang telah melakukan penggabungan (merger) yang akan memperkaya keragaman produk dan jasa yang dapat ditawarkan kepada Anda.

Kelima, total solution. Pilihlah bank yang bisa memberikan solusi kepada Anda dalam melakukan langkah-langkah investasi untuk jangka pendek dan jangka panjang. Dan menjelaskan kelebihan dan keuntungan sesuai kepribadian dan kebutuhan Anda. Bagaimana pilihan Anda?


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.