Wednesday, October 27, 2010

artikel komputer

Gadget
Pernah mendengar istilah gadget? Kata “Gadget” sering sekali digunakan di media massa maupun media elektronik.
Kalau kita mencarinya dalam kamus, biasanya diartikan sebagai alat yang praktis. Dalam bahasa Indonesia kira-kira pengertian gadget tersebut artinya :Sebuah gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Pada website wikipedia berbahasa Indonesia gadget didefinisikan sebagai berikut: “Gadget adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget dianggap dirancang secara berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya.”
“Gadget” Ancam Masa Depan Internet ?
Meningkatnya peralatan canggih (gadget) seperti iPhone, Blackberry dan Xbox, ternyata mengancam inovasi yang sudah berjalan puluhan tahun dalam membangun Internet, kata seorang akademisi terkenal lewat buku barunya. Profesor Jonathan Zittrain mengatakan peralatan canggih yang “wajib punya” itu menutup dan menghambat kreativitas serta mengubah konsumen menjadi pemakai pasif dari teknologi. Zittrain adalah profesor bidang peran dan regulasi Internet di Oxford Internet Institute, Oxford University.
“Beda dengan komputer, gadget yang bisa Intenet itu tidak menjadi sarana utak-atik dan kolaborasi menuju kemajuan teknologi,” katanya.
Gadget, peraturan yang berlebihan, dan ketakutan terhadap Internet, bisa menghancurkan sistem yang selama ini berlangsung.”Saya tidak mau di dunia ini hanya ada pakar serta bukan pakar, pakar akan hidup sedangkan yang satunya terjebak di antara hal yang tidak mereka pahami serta hal yang membatasi mereka,” kata Zittrain dalam wawancara dengan Reuters.
Zittrain adalah profesor bidang peran dan regulasi Internet di Oxford Internet Institute, Oxford University.
Penggemar amatir menciptakan banyak gagasan baru dengan Internet dari komputer pribadi, di sisi lain, peretas menciptakan banyak gangguan karena mereka mengeksploitasi struktur Internet yang longgar.
Prof. Zittrain mencontohkan perbedaan menyolok antara komputer pribadi pertama, Apple II yang dibuat tahun 70-an, dengan alat terbaru dari Apple, iPhone. Gadget terbaru itu dia lukiskan sebagai “peralatan yang tertambat”.
“Mereka mudah digunakan tapi sulit untuk dijadikan alat utak-atik. Mereka tertambat karena penyedia gampang saja menggantinya setelah barang itu tidak lagi dijual.”
Alat-alat itu, menurut Zittrain, jauh dari “Internet generatif”, istilah yang dia gunakan untuk menggambarkan pendekatan kreatif, terbuka, inovatif, yang telah membantu membentuk Internet.
UBUNTU
"Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!
Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.
Berikut ini adalah komitmen publik tim Ubuntu untuk para penggunanya:
Ubuntu akan selalu bebas dari biaya, maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk "edisi enterprise", kami akan membuat semua pekerjaan terbaik Ubuntu tersedia untuk semua orang dengan istilah Bebas yang sama.
Ubuntu juga menyediakan dukungan komersial dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. Ubuntu dirilis secara tetap dan dapat Anda prediksikan; rilis Ubuntu terbaru tersedia setiap enam bulan. Setiap rilis akan didukung oleh Ubuntu dengan perbaikan pada keamanan dan perbaikan lainnya secara bebas selama sekurangnya 18 bulan.
Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas Perangkat Lunak Bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang. Kami juga bekerja sama dengan seluruh komunitas Perangkat Lunak Bebas dalam hal perbaikan bug dan saling membagi kode.
Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas; untuk ini kami mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak bebas dan open source, lalu memperbaikinya dan kemudian menyebarkannya kembali.
Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000).
Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permai
smartphone
Dalam pengertian singkat, smartphone adalah sebuah device yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi (seperti nelp atau sms) juga di dalamnya terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti layaknya komputer.
Dalam perkembangan awal, kita hanya mengenal adanya Handphone dan PDA. Handphone pada umumnya digunakan untuk melakukan komunikasi seperti nelepon sedangkan PDA digunakan sebagai asisten pribadi dan organizer. Dengan PDA kita bisa menyimpan data contact, to do list sampai sinkronisasi antara komputer dan PDA.
Perkembangan selanjutnya PDA mendapatkan kemampuan lain yaitu fitur koneksi wireless sehingga mampu menerima maupun mengirim email, pada saat yang bersamaan juga Handphone mendapatkan penambahan fitur yakni kemampuan untuk mengirim pesan.
Pada akhirnya PDA menambahkan fungsi Handphone pada device-nya, begitupun juga handphone diberikan fitur PDA (yang lebih banyak) di dalamnya, sehingga hasilnya adalah sebuah Smartphone.

Sistem Operasi
Ciri utama sebuah smartphone adalah memiliki sistem operasi di dalamnya yang memungkinkan kita menjalankan berbagai aplikasi, misalnya Windows Mobile, Android, Symbian, ataupun Sistem Operasi Blackberry.

Software / Aplikasi
Sebuah smartphone selalu dilengkapi berbagai aplikasi/software yang tentunya ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan mendukung kegiatan sehari-hari. Misalnya Doc To Go, untuk membuat dan mengedit dokumen word di Smartphone

Mengakses Internet/ Web
Kemampuan lain yang dimiliki oleh sebuah smartphone adalah bisa digunakan mengakses web/ internet dan konten yang disajikan di broswernya, sudah hampir mendekati seperti layaknya kita mengakses web lewat komputer. Opera Mobile, SkyFire Mobile, IE Mobile adalah contoh beberapa browser di sebuah smartphone

Keyboard QWERTY
Ciri khas lainnya dari Smarphone adalah QWERTY Keyboard, ini tentunya untuk mempermudah pengguna smartphone untuk mengetik dokumen atau mengirim pesan. Tampilan QWERTY Keyboard bisa dalam bentuk fisik (hardware) misalnya seperti pada Blackberry, juga bisa tampil dalam bentuk Keyboard virtual seperti pada iPhone.


Messaging
Kemampuan mengolah pesan pada smartphone tidak hanya terbatas pada kirim sms, tapi juga telah dilengkapi kemampuan mengirim email dan bahkan proses sinkronisasi dengan komputer lokal ataupun server internet, sehingga dengan mudah kita bisa mengakses pesan yang sama baik lewat smartphone maupun komputer kita.

Android
Artikel Komputerku Dot Com – Sebuah berita yang saya dapatkan hari ini katanya Android Google ditolak dan terancam tidak boleh menjual ponsel pintar, nexus one. Padahal Produk Android google merupakan unggulan yang katanya dapat mengalahkan produk apple di pasaran di tahun ini.
Baru-baru ini produk Android Google ditolak oleh pihak kantor hak paten di amerika, karena sebuah perusahaan asal Oregon, Portland, AS yang bernama Integra Telecom, telah mendaftarkan merek Nexus sejak tahun 2008. Setelah Artikel Komputer Dot com mencari informasi mengenai perusahaan ini, katanya perusahaan ini menggunakan nama Nexus juga sebagai merek salah satu layanan telekomunikasinya. Pihak kantor hak paten menolak pendaftaran dari google karena alasan untuk menghindari kebingungan publik.
Denger-denger dari pihak Integra bersedia bernegosiasi dengan pihak google untuk mendapatkan kompensasi finansial namun belum ada konfirmasi dari pihak google sejak android di tolak. Menurut kantor hak paten USPTO (US Patent and Trademark Office), semoga kedua pihak dapat mencapai persetujuan untuk tujuan bisnis bersama. Dari pihak google sendiri, katanya akan tetap ingin menindaklanjuti masalah Google Android ditolak dan diberi kesempatan untuk memberikan informasi tambahan untuk mendukung klaim pengajuan mereka.
Menurut informasi yang Artikel Komputer Dot Com temukan di internet, katanya selain google, perusahaan apple juga pernah mengalami persengketaan masalah merek produk dengan pihak lain. Sebagai contoh saat meluncurkan produk iPhone dan saat mengumumkan produk iPad.
Sekian saja postingan artikel komputer kali ini, semoga Artikel Android Google ditolak ini dapat menambah sedikit informasi pembaca mengenai berita terbaru di internet. Saya akan terus memantau permasalahan ini dan memberikan informasi yang cepet dan akurat untuk para pembaca.



Android Lampaui Symbian

Artikel Komputerku Dot Com – Walaupun terjebak dalam kasus Android Google ditolak dengan masalah pendaftaran merek. Popularitas platform Android, hari demi hari makin laris aja. Kabarnya, Android Lampaui Symbian dalam urusan OS mobile, kini terbesar kedua dibawah iPhone.
Sistem open source hasil keluaran google ini, popularitas kian menanjak dari hari ke hari, semakin mendekati platform smartphone terpopuler, iPhone.Sebuah riset pasar yang dilakukan oleh perusahaan periklanan mobil, Admob, menyimpulkan bahwa sistem operasi Android Lampaui Symbian dan RIM, menjadi terbesar kedua dibawah iPhone.
Dari Informasi yang diperoleh oleh Artikel komputerku Dot com, hingga saat ini iPhone masih mendominasi pasar 50% dari pasar sistem operasi smartphone secara global. Sementara Android Lampaui Symbian dengan memperoleh pangsa pasar sebesar 24%. Padalah tahun lalunya cuma mendapatkan 2% saja. Sebuah peningkatan yang sangat luar biasa untuk sebuah sistem operasi. Sedangkan Symbian menduduki juara 3 dengan 18% pangsa pasar dan Blackberry cuma bisa meraih 4%. Diperkirakan Android merupakan calon terbesar untuk mengalahkan iPhone ditahun ini.
Sekian saja Artikel Komputer mengenai Android Lampaui Symbian kali ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang ingin lebih tahu berita seputar internet.
TEKNOLOGI NASA TERBARU
Berita Tekno, Jakarta - Sebuah wahana penyelidik NASA mendapatkan foto-foto yang menunjukkan adanya pohon di permukaan planet Mars. Pohon itu kurang dari 240 mil dari kutub utara planet itu.
Foto itu menunjukkan baris gelap "tumbuhan runjung" yang tumbuh di bukit pasir dan bukit-bukit di permukaan Mars. Tapi yang tampak seperti pohon itu, sebenarnya hanyalah ilusi optik. Foto menunjukkan bukit pasir memiliki lapisan tipis karbon dioksida beku atau es kering, kurang dari 240 mil dari kutub utara planet. "Pohon" itu sebenarnya jejak puing yang disebabkan oleh tanah longsor, saat es mencair di musim semi Mars. Foto ini diambil di sekitar orbit Mars oleh HiRISE, kamera paling kuat yang dikirim ke luar planet bumi.
"Coretan itu adalah pasir, copot seperti es menguap, yang meluncur menuruni bukit pasir. Pada saat ini seluruh Mars ditutupi oleh CO2 yang membeku," kata Candy Hansen dari NASA kepada The Sun.
Bulan lalu NASA mengumumkan teleskop baru telah mendeteksi lima planet di luar tata surya. Observatorium yang diluncurkan tahun lalu untuk mencari bumi lain itu, telah mendapat penemuan hanya dalam beberapa minggu pertama operasi. Meskipun dunia baru yang disebut exoplanets itu semuanya lebih besar dari Neptunus, tapi NASA mengatakan teleskop pemburu planet mereka bekerja dengan baik. [inilah.com]

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.