Tuesday, November 2, 2010

Sakit Pinggang (2)



Ibu R, 30 th. 3 hari yang lalu datang berobat.
Keluhannya: sering sakit pinggang. 4 bulan yang lalu mengalami operasi Caesar ( memerlukan transfusi 2 labu darah ), anak pertama.

Kata seorang tetangganya kalau sering sakit pinggang, mungkin ada Sakit Ginjal.
Ibu R merasa  panik dan memeriksakan diri kepada saya.

Dari Tanya jawab ( anamnesa ), sakit pinggang ini terasa sejak 2 minggu yang lalu.
Pekerjaan Ibu Rumah Tangga. Suaminya karyawan sebuah bengkel mobil. Hamil pertama kali dan dilakukan operasi Caesar karena ada gangguan kehamilannya. Saat mencuci pakaian keluarga, posisi tubuh Ibu R duduk diatas sebuah bangku kecil sedemikan rupa sehingga punggung  terasa tidak nyaman.

Pada Pemeriksan Fisik:
Tekanan darah: 120/80 mmHg ( normal ), BB: 46 Kg, Jantung , Paru-paru: dalam batas normal, Abdomen ( perut ): tampak cicatrix ( bekas luka operasi Caesar ) sepanjang  20 Cm. Nyeri ketok daerah punggung: negatip.

Hasil Pemeriksaan penunjang:
Darah: kadar Hb: 10,2 g%, Jumlah Sel Darah Putih: 6.200 ( normal ), kadar Ureum dan Kreatinin ( fungsi Ginjal ) dalam batas normal. Urine: dalam batas normal.

Dari semua pemeriksaan Ibu R, saya mengambil kesimpulan bahwa Ibu R ini tidak terdapat gangguan fungsi Ginjal, seperti kata tetangga Ibu R. Kelainan dari pemeriksaan Darah terdapat adanya Gejala Anemia ( kekurangan zat besi dalam darah ) yang terjadi karena  operasi Caesar 4 bulan yg lalu dan belum terkoreksi sampai normal.

Saya menjelaskan hasil Laboratorium ini kepada Ibu R, bahwa semuanya tidak mendukung adanya gangguan Ginjal.
Rasa nyeri pinggang ( Lumbago ) yang dideritanya kemungkinan besar diakibatkan posisi tubuh ketika mencuci pakaian. Saya menyarankan agar posisi tubuh agar lebih santai saat mencuci pakaian.

Kepada pasien saya ini saya memberikan resep obat Tablet pain killer, kaps. Tambah darah dan obat Cacing. Cacing dapat membuat pasien menjadi Anemia.

Wajah Ibu R tampak lebih cerah setelah mendengar penjelasan saya. 
Saya bersyukur kalau pasien mendapat penjelasan yang baik dan benar  dari nara sumber yang benar dari pada nara sumber yang tidak jelas atau tidak dapat dipertanggung jawabkan.-

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.