Friday, May 13, 2011

wah, pisang ga bikin gemuk

istimewa
JANGAN menyepelekan khasiat buah pisang. Selain menjadi favorit sebagian besar atlet lokal maupun internasional karena mengenyangkan tapi tak membuat gemuk. Pisang juga berkhasiat bagi kesehatan serta kecantikan.
Buah ini tak hanya mudah dicerna sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot, dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah.
Di dalam buah pisang mengandung sembilan kandungan gizi dan mengembalikan energi. Asal tahu saja, sebuah pisang yang matang akan mengandung 99 gram kalori, 1,2 gram protein, 0,2 gram lemak, 25,8 miligram karbohidrat, 0,7 gram serat, 8 miligram kalsium, 28 miligram fosfor, 0,5 miligram besi, 44 RE vitamin A, 0,08 miligram vitamin B, 3 miligram vitamin C, dan 72 gram air.
Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut.
Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Anda dapat mengonsumsinya dengan dicampur pada segelas susu cair.
Namun untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu cermat memilih. Pasalnya hanya pisang yang matang saja yang dapat mengubah gula darah menjadi glukosa alami, serta cepat diabsorsi ke dalam peredaran darah. Ciri-ciri pisang yang matang adalah pisang yang kulitnya berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.