Tuesday, March 6, 2012

HPV, Penyebab dan Penanggulangan

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/03/hpv-penyebab-dan-penanggulangan.html



HPV atau Human Papiloma Virus adalah salah satu contoh dari penyakit mematikan yang disebabkan aktivitas seksual yang kurang sehat. HPV ditularkan melalui kontak organ genital atau kelamin, melalui berbagai macam aktifitas hubungan seksual, baik melalui vagina, anal/dubur atau oral/mulut. Penderita HIV atau pasien yang sedang menjalani kemoterapi, memiliki resiko tinggi atau rentan tertular penyakit ini.

Gejala dari penderita yang terkena virus HPV biasanya tidak tampak, seperti halnya penderita yang terpapar virus HIV, namun sistem kekebalan tubuh akan melawan penyakit ini selama 2 tahun. Beberapa jenis HPV, dapat meninggalkan jejak berupa kutil atau caplak pada alat kelamin pria atau wanita, sedangkan yang lain dapat memicu terjadinya kanker serviks atau kanker leher rahim, atau kanker lain disekitar vagina, penis atau dubur. Walaupun penderita HPV adalah ibu hamil, namun jarang dijumpai penularan HPV pada waktu proses persalinan dari ibu ke bayi.

Cara penanggulangan HPV yaitu dengan cara mencegah penularannya dengan penggunaan kondom atau vaksinasi. Saat ini ada 2 jenis vaksin yang bisa digunakan, yaitu vaksin Cervarix untuk mencegah kanker serviks dan vaksin Gardasil untuk mencegah timbulnya kutil pada kelamin. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.