Wednesday, April 25, 2012

Insomnia Pada Bayi, Apa Sebabnya?

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/04/insomnia-pada-bayi-apa-sebabnya.html



Tidur amat penting bagi bayi. Karena melalui tidur dan istirahat yang cukup, bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal. Hal ini disebabkan hormon-hormon pertumbuhan bekerja pada keadaan maksimal.

Apa akibatnya jika bayi mengalami insomnia? Tentu saja pertumbuhan dan perkembangan bayi akan terganggu. Sebagaimana diketahui, bayi yang berumur dibawah 6 bulan memerlukan tidur antara 12-18 jam tiap harinya. Jika bayi bunda kebetulan sulit tidur/insomnia, sebaiknya segera mencari penyebabnya dan coba untuk mengatasinya.

Berikut hal yang jadi penyebab bayi sulit tidur :

  • Tubuhnya kotor atau tidak “segar”.
Bayi merasa tidak nyaman dengan tubuhnya yang terasa lengket karena keringat. Basuh tubuh bayi dengan waslap yang dibasahi air hangat. Jika perlu, oleskan minyak telon pada perut dan punggung bayi, serta sapukan bedak pada lipatan-lipatan kulit bayi. Periksa juga apakah popoknya basah. Jika ya, ganti dengan popok yang bersih.

  • Lapar.
Jika lapar penyebabnya, bayi akan tertidur pulas setelah disusui.

  • Tidak nyaman dengan bajunya.
Kenakanlah baju tidur yang ukurannya sesuai dengan tubuh bayi (jangan terlalu besar/kecil), serta terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap keringat.

  • Terlalu banyak memberi stimulasi yang menyenangkan hati bayi.
Campuran antara rasa senang dan lelah bisa membuat bayi susah memejamkan mata. Jadi, upayakan untuk tidak mengajaknya bermain dekat waktu tidurnya, atau saat bayi sudah mengantuk.

  • Suasana kamar tidak nyaman.
Kamar tidur bayi sebaiknya memiliki  tata cahaya dan ventilasi yang baik. Suhunya pun tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, jangan penuhi boksnya dengan aneka mainan.

  • Ada gangguan kesehatan.
Tangisan yang lama dapat mengindikasikan adanya penyakit atau gangguan kesehatan bayi, misalnya kolik, demam, dan gumoh yang berlebihan. Jika perlu, bawalah bayi segera ke dokter.

Dengan mengetahui penyebab insomnia pada bayi, jalan keluar terbaik dapat segera diambil agar bayi kembali tidur dengan lelap...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.