Monday, April 30, 2012

Yuk, Kenali Manfaat Apel!

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/yuk-kenali-manfaat-apel.html



Tentu kita semua sudah mengenali apel. Konon kabarnya apel juga dikenal sebagai forbidden fruit, kenapa demikian? Menurut beberapa cerita yang berkembang, Nabi Adam, as pernah terbujuk oleh iblis untuk memetik buah “yang katanya berbentuk seperti” apel. Akibatnya Nabi Adam, as terusir dari surga.

Tidak bisa dipungkiri bahwa apel memang memiliki bentuk yang sangat menarik, belum lagi warna buahnya yang menggoda selera. Dibalik penampilannya yang memukau, memang apel memiliki berbagai macam khasiat, terutama bagi kesehatan. Apa saja manfaat apel bagi kesehatan?

Berikut ini beberapa manfaat apel, yang diambil dari beberapa sumber:

  • Menurunkan kadar kolesterol.
Apel mengandung zat yang terdiri dari fitochemist, pektin dan asam D-glucaric, berguna sebagai antioksidan yang mampu melawan LDL, yaitu lemak jahat yang berbahaya bagi tubuh. Apel juga dapat meningkatkan kadar HDL yaitu lemak baik yang berguna bagi tubuh.

  • Menyehatkan paru-paru dan mencegah kanker.
Kandungan flavonoid dalam apel terbukti dapat menurunkan persentase resiko kanker paru-paru sebesar 50% dan menurunkan resiko terkena kanker usus besar hingga 43%.

  • Mencegah penyakit Koroner dan stroke.
Menurut data yang dikeluarkan oleh British Medical Journal, apel terbukti mencegah stroke dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

  • Mengurangi berat badan.
Apel merupakan sumber serat yang baik. Sebagaimana diketahui, serat merupakan bagian terpenting bagi kesehatan pencernaan dan mampu meredam kenaikan berat badan. Cocok bagi mereka yang sedang menjalani diet.

  • Mencegah sakit gigi.
Enzym tannin dalam apel mempunyai khasiat mencegah korosi pada gigi atau dikenal sebagai periodontal corrosion, menurut Journal of American Dental Association.

  • Menjaga tubuh wanita.
Boron dalam apel menjaga hormon estrogen saat menopause, yang berarti mencegah osteoporosis atau kerapuhan tulang.

  • Melindungi dari virus influenza.
Menurut Konowalchuck pada ekstraksi apel dengan cara pengejusan sangat baik dalam meningkatkan kekebalan terhadap virus influenza pada manusia. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.