Friday, April 27, 2012

Lupus dan AIDS, Persamaan dan Perbedaan

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/04/lupus-dan-aids-persamaan-dan-perbedaan.html



Pasti banyak sekali yang sudah mengenal lupus. Lupus adalah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, demikian juga halnya dengan AIDS. Baik Lupus dan AIDS sama-sama penyakit yang menyebabkan kekebalan tubuh bereaksi terhadap adanya zat asing yang dianggap membahayakan kesehatan tubuh.

Namun ada perbedaan dasar antara lupus dan AIDS, yaitu:

  • AIDS membuat kekebalan tubuh menurun.
Penurunan kekebalan tubuh menyebabkan penderita mudah sekali terserang penyakit dan sukar sekali untuk disembuhkan, walaupun hanya berupa penyakit ringan, seperti flu atau batuk.

  • Lupus membuat kekebalan tubuh berlebih.
Kekebalan tubuh berlebih atau yang disebut autoimun, menyebabkan kekebalan tubuh atau antibodi yang seharusnya berfungsi menyerang sumber penyakit yang masuk ke dalam tubuh, malah berbalik menyerang jaringan tubuh yang sehat, dan juga organ seperti kulit, lipatan, ginjal, otak, jantung, paru-paru, dan darah. 

Penyebab lupus:

Tidak ada yang tahu apa yang menjadi penyebab tubuh menyerang jaringannya sendiri. Seseorang mungkin lahir dengan genetik tertentu yang berpengaruh terhadap fungsi antibodi atau yang membuatnya memiliki resiko terkena Lupus. Berbagai macam faktor dapat memacu proses autoimun. Namun dampak-dampak tersebut bisa saja terjadi pada seseorang, dan tidak terjadi pada orang lainnya.

Gejala umum Lupus:
  • Sangat kelelahan
  • Terdapat lipatan yang nyeri atau radang sendi, demam, dan ruam pada kulit.
  • Sariawan.
  • Kerontokan pada rambut mungkin saja terjadi.
  • Lama kelamaan memiliki masalah dengan jantung, paru-paru, ginjal, sel darah, atau system syaraf.
Penyakit ini biasanya menyerang perempuan produktif dan tidak menular. Untuk mendiagnosis penyakit ini dengan pasti, diperlukan pemeriksaan darah atau biopsi kulit untuk memeriksa antibodi-antibodi yang muncul ketika Lupus sedang aktif... 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.