Tuesday, April 24, 2012

Yuk, Makan Sehat ala Hamil Vegan!

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/04/yuk-makan-sehat-ala-hamil-vegan.html



Hamil vegan atau kehamilan Vegan adalah suatu proses kehamilan dengan menggunakan sistem asupan vegetarian. Menurut beberapa orang, kehamilan vegan merupakan suatu jenis pola kehamilan yang lebih menyehatkan, karena bisa menghindari berbagai penyakit, seperti kemungkinan timbulnya bakteri TORCH yang biasa terdapat pada makanan olahan daging.

Namun, ada beberapa zat atau nutrisi yang hanya terdapat pada daging/ikanjuga harus dicukupi, agar kehamilan tetap sehat Berikut ini adalah zat-zat gizi yang wajib ditingkatkan asupannya selama masa kehamilan, agar kehamilan sehat meski menjalani pola makan vegetarian, yaitu:

  • Bayam, brokoli, bokcoy, semangka, aprikot kering, jus tomat, kismis, tofu, tempe, kentang, jus prune, kacang hijau dan kacang kedelai, bulgur, dan minyak wijen. Karena mengandung zat besi (Fe)  sebagai bahan pembentuk sel-sel darah merah. Konsumsi pula makanan sumber vitamin C untuk membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi.
  • Jeruk, sayuran hijau, susu kedelai, roti dan sereal yang difortifikasi diperkaya asam folat. Karena mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tabung saraf beserta sistem saraf pusat janin pada minggu-minggu pertama kehamilan.
  • Aneka jenis serealia dan susu kedelai yang diperkaya vitamin D. Karena mengandung vitamin D  untuk membantu penyerapan kalsium.
  • Aneka makanan yang diproses dengan menggunakan ragi, misalnya tapai singkong, tapai ketan, oncom dan tempe.
  • Aneka jenis kacang-kacangan, jagung dan beras merah. Sangat disarankan untuk mengonsumsi paling tidak lima jenis kacang-kacangan, seperti kacang kedelai dan aneka produk olahannya (susu kedelai, tahu, tempe), kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang lentil, kacang bogor dan almon. Karena mengandung protein untuk pembentukan sel-sel janin.
  • Tofu, aneka jenis sayuran berdaun hijau tua, jus buah-buahan, sawi putih, bokcoy, brokoli, serealia yang difortifikasi,  kacang kedelai dan produk olahannya (susu kedelai, yoghurt, tofu, tahu, tempe). Tofu merupakan sumber kalsium dianjurkan bagi penganut vegan. Karena mengandung kalsium (Ca) untuk membentuk tulang dan gigi janin.
Dengan mengetahui berbagai gizi dan nutrsi yang harus ditingkatkan selama kehamilan vegetarian di atas, pemenuhan asupan makanan selama kehamilan dapat diperhatikan. Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.