Saturday, April 21, 2012

Yuk Berwisata ke Air Terjun..!

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/04/yuk-berwisata-ke-air-terjun.html



Air terjun merupakan salah satu tempat wisata paling alamiah di dunia, karena rata-rata terbentuk dari proses alamiah, selain pegunungan ataupun perbukitan. Dibandingkan stalaktit ataupun stalagmite, mengunjungi air terjun dirasakan lebih menarik, karena pemandangan yang disuguhkan sangatlah istimewa.

Berikut adalah tempat-tempat wisata air terjun yang menarik, yaitu:

  • Iguazu Falls-Argentina/Brasil
Air terjun yang dikenal dengan induknya air terjun ini terbentang sepanjang lebih kurang 3 km dan merupakan tempat pembatas antara Argentina dan Brasil. Air yang deras mengucur dari tempat yang ketinggiannya lebih kurang sama dengan ketinggian bangunan bertingkat 24, bahkan air terjun Niagara bisa diabaikan jika dibandingkan dengan ketinggian air terjun ini.

Air terjun iguazu merupakan air terjun paling berbahaya yang ada didunia ini. Air terjun ini menurut bahasa setempat berarti ‘air besar’, terbentuk sekitar 120 juta tahun yang lalu, yang terbentuk karena dataran tinggi Parana dan sungai iguasu yang merupakan muara air terjun ini. Air terjun ini mampu membentuk 275 air terjun baru, atau istilahnya air terjun bertingkat, dan yang yang paling mengesankan adalah air terjun tenggorokan iblis. Dikarenakan keunikannya, air terjun iguazu termasuk dalam salah satu cagar alam yang dilindungi oleh Negara brasil. Air terjun ini mampu mengalirkan air dengan debit 1500 m3 perdetik dan selama musim berbeda mampu mengalirkan air sebesar 500 m3 sampai 6500 m3 perdetik.

  • Niagara Falls– Amerika Serikat/Kanada
Air terjun ini merupakan air terjun paling terkenal di dunia. Terletak di perbatasan kanada dan amerika serikat, Niagara merupakan tempat wisata paling menarik di dunia yang paling sering dikunjungi wisatawan. Bagi kebanyakan orang, Niagara merupakan air terjun nomer 1 di dunia, walaupun bukan merupakan yang terluas atau tertinggi. Niagara terkenal dengan keunikannya dan keindahan alamnya yang luar biasa. Air terjun ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kanada falls, American falls dan brydon vale yang lebih kecil. Air terjun ini terletak diantara kota kembar Niagara falls amerika dan Niagara falls kanada. Niagara sendiri berasal dari bahasa Iroquoian yang artinya ‘guntur air’.

  • Victoria Falls-Zambia/Zimbabwe
Air terjun yang terletak diantara perbatasan zambia-zimbabwe ini diberi nama setelah kunjungan ratu inggris Victoria ke tempat tersebut. Menurut bahasa lokal, air terjun ini berarti asap yang bergemuruh, sebelum di beri nama Victoria.

Victoria Falls mampu mengalirkan sekitar 550 juta liter air setiap satu menit. Air terjun yang termasuk dalam warisan dunia UNESCO ini merupakan salah satu tujuan wisata paling popular di afrika, dan dibuka secara resmi untuk umum pada tahun 1855 oleh penjelajah inggris david livingstone

  • Dettifoss falls-Islandia
Air terjun geyser ini merupakan air terjun terbesar di eropa. Terletak di islandia, dettifoss menawarkan keunikan pemandangan tersendiri di eropa. Ketika musim panas, dimana es mulai mencair dengan cepat, menyebabkan aliran air di dettifoss ini mengalami peningkatan debit sebesar 193 m3 perdetik. Air terjun ini juaga dikenal sebagai niagaranya islandia.

  • Jog Falls-India
India merupakan tempat yang eksotis, selain terdapat taj mahal, India juga mempunyai air terjun menakjubkan yang bisa memacu adrenalin bagi siapa saja. Air terjun ini memiliki ketinggian 273 meter dan sanggup mengalirkan air sebesar 1073 m3 perdetik. Selain temasuk air terjun terbesar di dunia, air terjun ini merupakan air terjun terbesar di India yang terbentuk dari sungai sharavati, sebelah barat Karnataka, dekat rantai pegunungan gatti barat di India selatan.

  • Shoshone Falls - Amerika
Air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun Niagara di daerah barat. Air terjun ini mempunyai lebar 274 meter dan ketinggian 65 meter, lebih tinggi 13 meter dari Niagara dan juga digunakan sebagai symbol nasional Negara bagian Idaho. Namun ada cerita kepedihan di balik keindahan air terjun ini, yaitu invasi kulit putih amerika terhadap suku asli Indian yang mendiami wilayah Shoshone.

  • Gullfoss Falls – Islandia
Air terjun ini sebelumnya berarti pemandangan paling menarik di daerah. Nama lain dari air terjun ini adalah air terjun emas, karena saat matahari terbenam warna air yang dipancarkan seperti warna emas. Pada hari yang cerah, awan-awan kecil yang mengelilingi air terjun ini akan menciptakan busur lingkaran berwarna-warni yang menarik dan indah.

  • Yosimite Falls – Amerika Utara
Dengan ketinggian sekitar 750 meter, air terjun ini merupakan salah satu objek wisata ternama di amerika serikat. Air terjun ini menduduki peringkat pertama tertinggi di amerika utara dan nomer 6 di dunia. Air terjun ini terdiri dari tiga lapisan air, yang pertama adalah lapisan perunggu yang memiliki jalur curam dari dasar lembah dan merupakan pemandangan terindah. Lapisan kedua adalah rangkaian batu berjajar yang tertata rapi pada ketinggian 205 meter, sedangkan yang terbawah air mengalir ke dasar air terjun yang dikelilingi batuan curam yang lembab dan licin.

  • Angel Falls - Venezuela
Air terjun yang terletak di Venezuela ini merupakan air terjun yang tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter. Keindahannya tak tertandingi dan mampu menarik wisatawan, nama lain dari air terjun ini adalah salto angel. Air terjun ini terletak di sungai churuta yang merupakan anak sungai Orinoco atau kerepakupai meru parakupa-vena. Keanehan air terjun ini adalh tidak adanya sumber air alami, danau besar, gletser atau system sungai yang mengalirkan air yang berlimpah. Satu-satunya sumber air adalah air hujan yang turun pada bulan juni hingga desember.

  • Huangguoshu falls - China
Terletak di kawasan wisata huangguoshu, tempat ini memiliki 18 air terjun, dan yang terbesar adalah huangguoshu falls yang memiliki ketinggian 74 meter. Dibandingkan yang lain, memang ketinggian atau jumlah air yang dialirkan tidaklah besar, namun yang menarik dari air terjun ini adalah fakta bahwa pengunjung dapat memasuki gua di bawah gunung yang memiliki 6 lubang, serta terletak ditengah air terjun yang jatuh, serta wisatawan dapat menonton di dalam air terjun tersebut dan bahkan bisa menyentuhnya.dari menara alami, wisatawan dapat dengan jelas melihat 7 warna pelangi diatas danau badak yang pemandangannya seolah ikut bergerak seiring dengan lokasi pengunjung.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.