Thursday, May 17, 2012

Apa Saja Tanda-tanda Kehamilan?

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/apa-saja-tanda-tanda-kehamilan.html



Kehamilan merupakan suatu proses yang membahagiakan bagi pasangan yang telah menikah. Dengan ditandainya proses kehamilan, seorang wanita merasakan jati diri yang lengkap sebagai seorang perempuan.

Tanda-tanda seorang perempuan mengalami kehamilan memang paling gampang dengan menggunakan alat tester kehamilan ataupun melakukan pemeriksaan medis, namun apabila belum sempat mengunjungi dokter atau melakukan tes kehamilan, ada baiknya menyimak tanda-tanda kehamilan berikut ini.

Beberapa tanda-tanda kehamilanadalah:

  • Payudara membesar
Tanda-tanda payudara yang membesar, daerah areola yang menghitam, dan terlihat lebih banyak pembuluh darah di dada menjadi tanda awal kehamilan. Untuk menghindari ketidaknyamanan, kenakan bra yang sesuai.

  • Mudah lelah
Merasa gampang sekali lelah juga bisa saja jadi pertanda adanya peningkatan hormon dalam tubuh. Untuk sebagian besar perempuan, kelelahan bisa berlangsung selama trimester pertama. Namun, ada juga yang mengalami hingga trimester kedua.

  • Gampang terengah-engah
Mudah terengah-engah saat naik tangga padahal biasanya tidak, ada kemungkinan seorang perempuan mengalami kehamilan. Janin memang membutuhkan oksigen, sehingga perempuan yang sedang mengalami kehamilan kerap kehabisan napas. Gampang terengah-engah akan terjadi sepanjang masa kehamilan, apalagi jika bayi dalam kandungan mulai menekan paru-paru dan diafragma.

  • Mual
Sebagian besar perempuan hamil mengalami mual di pagi hari. Bahkan, mereka mengalami ini hingga enam pekan. Ada pula yang mengalami tidak hanya pagi, tetapi juga sore dan malam hari. Untuk menguranginya, biasakan mengonsumsi makanan ringan seperti biskuit dalam porsi kecil tapi sering.

  • Sering berkemih.
Jika tiba-tiba selalu merasa ingin buang air kecil di malam hari, siap-siap, inilah tanda lain kehamilan. Selama hamil, tubuh akan memproduksi banyak cairan  yang nantinya akan memenuhi kandung kemih.

  • Sakit punggung.
Sakit punggung biasanya dipicu akibat perubahan pada susunan ligamen. Sakit punggung kemungkinan akan bertambah seiring dengan peningkatan tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

  • Sakit kepala.
Sakit kepala terjadi akibat perubahan hormon. Bila khawatir perempuan memang benar-benar hamil, hati-hati saat mengonsumsi obat pereda sakit. Carilah obat yang mengandung parasetamol dan berlingkar hijau.

  • Kram pada bawah perut.
Ini gejala menstruasi atau kehamilan? Sulit dibedakan memang. Namun, bila benar kram di bagian bawah perut, mungkin saja rahim sedang mempersiapkan diri menerima kedatangan bayi.

  • Konstipasi atau perut membesar
Jika mulai merasakan tubuh sedikit membesar atau mengalami kesulitan buang air besar, mungkin saja ini ada urusannya dengan tambahan hormon progesteron. Hormon ini memang menurunkan sistem pencernaan.

  • Peningkatan suhu tubuh.
Jika suhu tubuh terus meningkat lebih dari dua minggu bisa juga merupakan tanda-tanda awal kehamilan.

  • Perubahan emosi.
Emosi gampang berubah-ubah bahkan sering meledak-ledak. Perubahan ini disebabkan peningkatan hormon baru.

  • Perubahan nafsu makan.
Selau ingin makan rujak atau menghindari makanan yang menyebabkan perut mual bisa saja merupakan tanda-tanda awal kehamilan.

  • Bercak.
Bercak yang muncul lebih ringan dari menstruasi, disebabkan karena sel telur yang menempel di dinding rahim. Proses ini memang memicu pendarahan ringan.

  • Terlambat menstruasi.
Inilah gejala kehamilan yang paling gampang dideteksi: terlambat menstruasi. Bila jadwal menstruasi biasa teratur dan tiba-tiba terlambat, waspada saja. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.