Sunday, May 27, 2012

Yuk, Kenali Jenis Kalung

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/yuk-kenali-jenis-kalung.html



Kalung merupakan salah satu jenis aksesori yang mampu memberikan nilai tambah bagi pemakainya. Pengguna aksesoris ini makin bertambah saja tiap tahunnya, hal ini disebabkan kemajuan bidang fashion design, yang sering menambahkan kalung sebagai bagian tak terpisahkan dalam sebuah design atau karyanya.

Seiring dengan perkembangan mode, kalung tidak hanya terbuat dari emas saja, namun juga terbuat dari perak, platinum ataupun batu permata. Jenis kalung-pun juga sekarang makin bervariasi, tergantung dari ukuran panjang yang dimilikinya.

Beberapa jenis kalung berdasarkan ukuran panjangnya adalah:

  • Collar.
Collar adalah kalung yang melingkari pertengahan leher dengan ukuran 30-32 cm. Biasanya kalung ini terdiri dari 2 rangkaian atau lebih. Cocok jika dipadukan dengan tube dress.

  • Choker.
Choker adalah jenis kalung yang memiliki panjang 35-41 cm. Modelnya seperti mencekik, karena memang ingin memberikan penekanan pada leher. Usahakan jangan memakai kalung ini untuk yang berleher pendek. Cocok digunakan untuk lady rocker.

  • Princess.
Princess adalah jenis kalung yang umum digunakan. Panjangnya antara 42-49 cm. Biasanya digunakan untuk menemani outfit formal, dan pilihan utamanya terbuat dari emas atau mutiara, sehingga pemakainya terkesan anggun dan klasik.

  • Matinee.
Matinee adalah kalung dengan panjang 50-61 cm dan letaknya menggantung di atas belahan dada. Cocok digunakan untuk menemani outfit dengan kerah atau tanpa kerah. Matinee juga cocok digunakan untuk menemani kemeja yang kancingnya sedikit terbuka, sehingga bisa menjadi pilihan yang chic.

  • Opera.
Opera adalah jenis kalung yang memiliki panjang antara 71-87 cm, dan biasanya jatuh dibawah dada. Kalung ini termasuk jenis kalung yang antik dan bergaya etnik, cocok digunakan pada suasana non formal dengan perpaduan warna ceria, serta pilih bahan kalung dari kayu atau benda antik lain.

  • Rope.
Rope adalah jenis kalung yang paling panjang dengan ukuran lebih dari 115 cm. Jika bagian ujung kalung ini dilepas dan tidak bersambungan, disebut lariat. Kalung ini cocok digunakan untuk menemani gaya bohemian style. Kalung ini dikenakan dengan cara langsung diikat pda nagian dada atau dililitkan terlebih dahulu pada leher, baru kemudian diikat pada dada.

  • Bib.
Bibi adalah jenis kalung yang memiliki tiga rangkaian atau lebih. Tiap garisnya atau tiap kalung memiliki panjang yang berbeda.

  • Graduated.
Graduated adalah jenis kalung manik-manik yang memiliki ukuran gradasi pada ukuran manik-maniknya. Bagian depan manik-maniknya memiliki ukuran besar dan semakin ke belakang, ukuran manik-maniknya semakin kecil.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.