Thursday, May 24, 2012

Melatih Tanggung Jawab Batita 4

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/melatih-tanggung-jawab-batita-4.html



Tanggung jawab adalah hal penting yang harus dimiliki anak untuk bisa sukses dalam hidupnya pada saat dewasa kelak. Menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak, sebenarnya merupakan salah satu bagian dalam menanamkan nilai-nilai positif dan kebiasaan baik pada anak.

Membiarkan anak melakukan suatu kewajiban dapat mengasah kemampuannya dan membuatnya lebih percaya diri. Jika batita mengerjakan sesuatu kurang dari sempurna, orang tua hendaknya membiarkan saja dan jangan membantunya. Cukup berikan masukan yang positif. Membuat anak merasa mampu mengerjakan sesuatu, jauh lebih penting daripada bagaimana cara anak mengerjakannya.

Berikut ini tips melatih tanggung jawab untuk batita dengan usia 30-36 bulan:

  • Beri tugas.
Beri anak tanggung jawab dalam bentuk tugas-tugas kecil yang sesuai usianya, misalnya merapikan mainannya setelah selesai dipakai, merapikan bantalnya setelah selesai tidur.

  • Beri kebebasan.
Beri kebebasan anak untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan kepadanya sesuai dengan cara yang disukainya.

  • Masih belajar.
Jangan mengharapkan kesempurnaan saat anak diberi tugas tersebut. Orang tua harus sadar karena anak masih dalam tahap belajar untuk melakukan sesuatu.

  • Terus berlatih.
Beri kesempatan anak terus berlatih mengembangkan kemampuannya, misalnya menggunakan sendok dan garpunya. Dengan melatih kebiasaan ini, anak akan lebih terampil makan sendiri, dibandingkan anak yang masih terus disuapi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.