Friday, August 17, 2012

Peduli Kasih 2012















Peka ( Peduli Kasih ) tahun 2012 kembali diadakan oleh Gereja kami pada tanggal 14 sampai 18 Agustus 2012.

Peka 2012 mengambil tempat di kompleks area SPBU Bendungan yang berlokasi 15 Km dari kota Cirebon ke arah kota Tegal. Di lokasi ini tersedia SPBU untuk mengisi bahan bakar sepeda motor, mobil pribadi, angkutan umum dan bus. Selain itu juga tersedia: Mini market, rest area, tempat, solat, toilet dan halaman parkir yang cukup luas.

Seperti tahun yang lalu Panitia juga sudah melaporkan kegiatan Peka ini kepada Kepala Sektor Kepolisian dan Bapak Camat setempat yang menghargai kegiatan Peduli Kasih yang kami adakan ini.

Misi Peka 2012 ialah memberikan secara gratis makanan cepat saji, minuman dingin / hangat bagi para pemudik yang tidak puasa dan pelayanan kesehatan ( P3K). Makanan cepat saji yang disediakan adalah Mie gelas dan Pop mie. Minuman dingin berupa air mineral gelas dan ale-ale. Minuman hangat tersedia Kopi hitam, Kopi susu, Wedang jahe dll. Bagi anak-anak tersedia Susu kotak siap saji dan biskuit. Logistik ini berasal dari para donator para anggota jemaat.

Pak I.S. selaku Ketua Panitia Peka 2012 membentuk Panitia yang terdiri dari sekitar 45 orang dan tercatat sekitar 100 orang relawan yang membantu pelayanan ini. Tiap hari pelayanan terdiri dari 2 kelompok dimana Kelompok I bertugas dari pukul 08.00 – 14.00 dan kelompok II bertugas dari pukul 14.00 – 20.00.

Sebagai alat transportasi tersedia 2 Minibus pengangkut para relawan & Panitia dan 1 Minibus pengangkut bahan-bahan dan peralatan logistik. Selain itu juga ada relawan yang membawa mobil pribadi yang dapat dimanfaatkan mengangkut para relawan dan panitia.

Kunjungan para pemudik ke Pos Peka yang paling banyak adalah pada tanggal 17 dan 18 Agustus siang – sore hari yaitu 1-2 hari menjelang Hari Raya Idu Fitri 1433 H. Jumlah pengendara sepeda motor dari arah Jakarta menuju ke arah timur ( Tegal, Semarang dll ) sangat banyak, tidak terputus-putus. Para pengendara sepeda motor inilah yang merupakan pengunjung Pos Peka yang terbanyak. Tidak jarang para pemudik membawa anak-anak yang masih kecil. Tidak jarang 1 sepeda motor dinaiki oleh 3-4 orang, yang cukup berbahaya.

Selain tersedia makanan dan minuman cepat saji, tersedia juga 2 orang pemijat ( pria dan wanita ). Pemijat ini membantu para pemudik yang kelelahan untuk melemaskan otot-otot tubuh pemudik. Pelayanan pemijat ini juga gratis. Pemijat diberi honor oleh Panitia.

Panitia juga menyediakan alat musik Organ untuk menghibur para pemudik yang berhenti di Pos Peka ini. Perut kenyang, mata ngantuk dan pemudik dapat tidur di bawah tenda besar yang dipasang oleh Panitia.

Saya yang bertugas sebagai Seksi Kesehatan ( P3K ) melayani para pemudik yang mengalami kecelakaan sehingga terjadi luka pada kaki dan tangan, kepala pusing, perut mual dan lain-lain.

Ada pula pemudik wanita yang hamil muda mengalami kesakitan pada daerah perutnya sehingga perlu diantar ke Puskesmas terdekat.

Keluhan yang paling sering adalah mata perih terkena debu jalanan. Banyak mata pemudik yang kami tetesi dengan cairan obat tetes mata.

Kami mendapat kesan bahwa pelayanan Peka ini cukup bermanfaat dan sangat membantu para pemudik di dalam perjalanan mereka menuju kota tujuan masing-masing.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin”.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.