Thursday, May 3, 2012

Menghapus Tatoo, Cara dan Efeknya

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/menghapus-tatoo-cara-dan-efeknya.html



Tentu semua orang sudah mengenal tatoo. Tatoo adalah lukisan/gambar pada tubuh yang dimaksudkan untuk mempercantik penampilan tubuh, yang mungkin saja berukuran besar dan lebar, atau hanya berukuran kecil. Tatoo sendiri terbagi menjadi tatoo permanen dan tatoo sementara/temporary tatoo.

Ada kalanya pemilik tatoo sendiri merasa bosan dengan motif tatoo yang ada, sehingga memutuskan untuk menghapus tatoo yang ada pada tubuhnya. Untuk tatoo sementara, biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah 1-2 minggu, bagaimana dengan tatoo permanen?

Ada 2 cara menghapus tatoopermanen, yaitu:

  • Terapi laser.
Terapi laser digunakan untuk menghapus tatoo permanen yang ukurannya cukup besar dan lebar. Keuntungan metode ini adalah praktis dan tidak menimbulkan rasa sakit, karena pasien diberikan anastesi topikal dalam bentuk olesan. Minimal diperlukan lima kali terapi laser untuk menghilangkan tatoo. Jarak antar terapi adalah 2 minggu, sehingga diperlukan minimal 10 minggu untuk menghilangkan tatoo permanent.

  • Operasi ringan.
Operasi ringan digunakan menghilangkan tatoo permanen yang ukurannya memiliki lebar kurang dari 3 cm. Selain praktis, karena cukup dilakukan satu kali tindakan, teknik operasi ringan juga tidak menimbulkan rasa sakit. Pemberian anastesi lokal dengan sistem injeksi/suntikan dapat membantu menghilangkan rasa nyeri yang mungkin timbul.

Namun ada beberapa efek yang ditimbulkan dari metode menghapus tatoo permanent diatas, yaitu:

  • Terapi laser.
Efek samping terapi laser menghapus tatoo adalah munculnya bekas kemerahan/inflamasi pada kulit, serta kelainan pigmentasi kulit yang mungkin saja berpengaruh seumur hidup. Untuk mengatasinya, pasien diharapkan mengurangi aktifitas dibawah sinar matahari langsung. Apabila terpaksa, pasien disarankan menggunakan sun block dengan kandungan SPF 25. Selain itu, 24 jam setelah terapi laser dilakukan, kulit bekas terapi hendaknya tidak terkena air untuk menghindari peradangan atau infeksi.

  • Operasi ringan.
Efek samping operasi ringan menghapus tatoo adalah terjadinya penampakan bekas operasi pada permukaan kulit. Penampakan bekas operasi pada permukaan kulit ini bersifat permanen. Untuk itulah metode operasi ringan cocok dilakukan untuk menghapus tatoo permanen dengan ukuran kecil.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.