Wednesday, July 18, 2012

Olahraga Saat Puasa. Kapan Waktu yang Tepat?



 
 
Puasa tetap berolahraga? Tenang saja, Anda tak akan lemas dan pingsan saat berolahraga sambil menjalankan ibadah puasa. Meskipun tidak makan dan minum seharian, tubuh Anda sebenarnya masih menyimpan cadangan energi dalam bentuk glikogen, lemak, dan protein.
Nah, cadangan energi inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk 'menggerakan' tubuh sehingga lemak bisa diubah menjadi glukosa.sehingga kadar gula akan meningkat. Hasilnya, rasa lesu, malas, serta mengantuk pun hilang dan badanpun menjadi lebih makin segar.
Awali dengan olahraga ringan
Jika biasanya Anda melakukan olahraga seminggu empat kali dalam seminggu. Maka pada bulan puasa ini sebaiknya kurangi menjadi dua kali dalam seminggu. Pada tahap awal penyesuaian sebaiknya melakukan olahraga ringan seperfi yoga dan jalan kaki. Terpenting adalah, jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang berat, seperti aerobik high impact atau lari, karena cara itu hanya akan membuat Anda kelelahan yang berlebih. Ingat, kebugaran tidak bisa didapatkan secara instan tapi dengan cara yang bertahap dan rutin. Jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah latihan dengan gerakan peregangan (stretching). Hal ini untuk menghindarkan Anda cedera atau nyeri otot setelah olahraga.
Kapan waktu yang pas?
Waktu paling tepat untuk berolahraga adalah setengah hingga satu jam sebelum berbuka puasa. Sebab pada waktu tersebut tidak perlu terlalu lama menunggu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh akibat keringat yang dikeluarkan tubuh sewaktu berolahraga.
 

Namun yang terpenting adalah ketahui kondisi tubuh Anda dan jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga saat berpuasa. Bagi Anda memiliki riwata penyakit tertentu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang merawat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.