Saturday, August 4, 2012

Hiking, Apa Saja Persiapannya?

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/08/hiking-apa-saja-persiapannya.html



Hiking, barangkali merupakan salah satu alternatif mencari hiburan sekaligus berolah raga. Aktifitas yang satu ini memang identik dengan hutan ataupun pegunungan. Agar aktifitas hiking ini menjadi lebih menyenangkan, tentu diperlukan beberapa persiapan matang. Apa saja sich persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan hiking?

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan hiking, yaitu:

  • Tenda.
Tenda merupakan sebuah opsi jika kita ingin bermalam atau camping. Jangan dilupakan juga agar membawa sleeping bagatau kantung tidur, agar tidur lebih nyaman dan tenang.

  • Nesting dan korek api.
Nesting adalah sejenis rantang yang digunakan untuk memasak perbekalan. Bisa digunakan untuk memasak air, mie instan ataupun memasak nasi. Tinggal membuat api unggun dan letakkan nesting diatasnya.

  • Alat P3K.
Barang yang satu ini mesti di bawa, siapa tahu ada kejadian sakit mendadak. Isi dengan obat merah, koyok, plester dan lotion anti nyamuk. Nyamuk di hutan ukurannya lebih besar dan gigitannya lebih gatal.

  • Sepatu boots.
Penggunaan sepatu boots lebih dianjurkan daripada sandal gunung. Selain lebih terlindungi dari cuaca yang dingin, juga bisa digunakan untuk melindungi kaki dari benda-benda pegunungan.

  • Senter atau sumber cahaya.
Cahaya di gunung sangat minim, terutama pada malam hari. Lebih disarankan menggunakan headlamp, karena lebih praktis dan tidak perlu repot membawanya.

  • Carrier atau tas gunung.
Tas gunung atau carrier digunakan untuk memasukkan berbagai macam keperluan dan bahan makanan selama melakukan kemah atau camping. Jangan lupa memasukkan raincoat atau jas hujan dan tas plastik, agar barang bawaan terlindung apabila hujan.

  • Baju hangat atau sweater.
Gunakan jaket tebal atau sweater untuk melindungi tubuh dari mountain sickness atau turunnya suhu tubuh yang bisa mengakibatkan kematian. Lebih baik gunakan warna terang agar terhindar dari nyamuk saat malam, selain itu juga agar lebih terlihat oleh rekan yang lain.

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.