Wednesday, June 29, 2011

Guru Sebagai Motivator Perubahan

Guru sebagai motivator perubahan - Guru merupakan tokoh penting sebagai penunjang dalam proses mewujudkan isi pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Tokoh seoarang guru di ibaratkan sebagai salah satu ujung tombak suksesnya pembelajaran. Dengan ini, guru juga menjadi salah satu bagian terpenting dalam struktur kependidikan, namun disisi lain juga harus di sertai dengan tingkat profesionalisme.


Layaknya buku , guru juga harus memberikan berbagai macam pengetahuan guna memenuhi kebutuhan para pelajarnya, namun guru juga manusia biasa yang banyak sekali kekurangan yang harus kita tutup melalui beberapa langkah guna memberikan pengalaman terbaru dan bermakna bagi guru itu sendiri. Di indonesia sendiri tingkat pendidikan sudah mengalami peningkatan yang cukup drastis dari di terapkannya program standar minimal belajar 9 tahun dan sekolah gratis di berbagai tingkat.

Belajarlah walau ke negeri cina , pepatah ini menjadi sumber bahwa pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Guru sebagai motivator perubahan di era globalisasi ini menjadikan kita untuk terus mencetak generasi yang siap dalam hal memegang kendali perubahan di masa mendatang yang semakin hari semakin bebas. serta mencetak generasi islami yang cerdas di masa yang mengalami krisis moral seperti sekarang ini.


Guru sebagai motivator perubahan merupakan salah satu tema dalam seminar pendidikan majelis pendidikan dasar dan menengah pimpinan cabang ulak paceh pada tanggal 29 juni 2011 tadi. melalui tema seminar ini di harapakan tingkat profesionalisme seorang guru dalam dunia pendidikan harus di tingkatkan, baik dari segi pembelajaran, serta dalam bidang agama. pendidikan berkarakter menjadi salah satu langkah menghadapi guncangan merosotnya moral bangsa.


seminar sehari bersama ratusan guru pendidikan muhammadiyah dan non muhammadiyah di kabupaten musi banyuasin ini di buka secara langsung oleh bupati MUBA, dalam sambutannya bupati muba Bp. Ir. H . Pahri Azhari mengatakan bahwa melalui seminar ini di harapkan bisa menjadi media dalam meningkatkan mutu profesionalisme seorang guru serta meningkatkan Sumber daya manusia yang berkualitas guna mensukseskan program MUBA smart 2012 dan umumnya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Salah satu program pemkab muba dalam hal meningkatkan mutu profesionalisme guru yaitu program wajib kuliah untuk para guru yang belum menyandang gelar sarjana. Program seminar yang di adakan oleh Dikdasmen muhammadiyah cabang ulak paceh ini menjadi antusias para guru muhammadiyah dan non muhammadiyah yang ingin menimba ilmu dalam hal peningkatan guru bukan hanya dari tingginya ilmu namun juga di sertai IMTAQ.


K.H Ahmad Dahlan menjadi sumber para guru muhammadiyah dalam berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa. Perjuangan K.H Ahmad Dahlan dalam pendidikan sangat besar khususnya pada pendidikan muhammadiyah. Semoga Seminar pendidikan muhammadiyah ini bisa menjadi pemicu kita dalam menjalankan profesi kita sebagai seorang guru dalam rangka menjadi guru yang profesional guna menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas di indonesia untuk mencetak generasi muda yang mempunyai cerdas, mandiri serta mempunyai IMTAQ yang tinggi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.