Thursday, June 30, 2011

Peringatan Isro Mi'roj Nabi Muhammad SAW

Peringatan Isro Mi'roj Nabi Muhammad SAW - "27 bulan rajab itulah hari yang bahagia, hari isro mi'roj nabi Muhammad mmenghadap Alloh yang maha kuasa, Nabi terima perintah tuhan, kewajiban 5 waktu sembahyang umat islam di seluruh dunia, wajib taati perintah Alloh . mari kita semua bersama - sama tegakkanlah sholat tiang agama untuk mencapai kehidupan surga , hidup bahagia selama - lamanya". Hal di atas merupakan sebuah nyanyian sabagai salah satu tanda bentuk apresiasi peringatan terhadap peristiwa isro mi'roj nabi muhammad SAW.

Peritiwa isro mi'roj peristiwa penjalanan nabi Muhammad SAW dari masjidil Aqsha menuju sidrotul muthahar atau langit ke 7 . Penjalanan Nabi ini tidak bisa di ukur melalui akal pikiran manusia dan tidak bisa di pelajari sacara nyata . Namun kita wajib percaya karena kalau Alloh SWT berkehendak maka saat itulah menjadi nyata ( kunfayakun ). sebelum rosululloh melakukan perjalanan itu, oleh malaikat jibril rosululloh di bedah untuk di bersihkan dari segala kotoran dan penyakit hati, sebenarnya rosullloh sudah suci namun hal ini di lakukan karena akan bertemu Alloh untuk menerima Wahyu sholat lima waktu.


Dalam perjalanan menuju ke langit ke tujuh bersama malaikat jibril , rosululloh melihat beberapa gambaran yang akan menjadi contoh perilaku yang di lakukan manusia semasa hidupnya dan ganjaran yang akan di timpa sesuai amalan tersebut. Disini saya akan berikan 3 contoh kejadian yang dilihat oleh Nabi ketika terbang ke langit ke 7 . Yang pertama nabi melihat seseorang membeturkan kepalanya dengan batu besar hingga kepalanya pecah kemudian utuh lagi ditimpa batu lagi pecah lagi begitu seterusnya, lalu Nabi bertanya kepada malaikat jibril "wahai malaikat jibril kenapa orang itu membentulkan kepalanya hingga pecah lalu utuh lagi dan pecah lagi? lalu malaikat menjawab " wahai Rosululloh itulah gambaran umatmu kelak yang semasa hidupnya beragama islam namun tidak pernah menjalankan syariat Islam baik sholat , puasa dan lain - lain , mereka membenturkan kepalanya sabagai wujud penyesalan karena telah lalai dengan kewajibannya sabagai seorang muslim.


Perjalanan di lanjutkan hingga Nabi melihat seoarang yang di tindih beban berat di tubuhnya, padahal orang itu sudah tidak kuat lagi, ketika orang itu berkata ' aku tidak kuat lagi' , secara serentak dan langsung orang itu di tambah bebannya begitu seterusnya. Nabi bertanya kepada malaikat jibril kenapa orang itu di siksa seperti itu , lalu malaikat jibril menjawab itu gambaran orang - orang yang semasa hidupnya tidak pernah taubat , di tempat satu berbuat kejahatan, di tempat lain juga berbuat kejahatan. jadi meraka akan mendapat ganjaran dari apa yang mereka perbuat.


Peristiwa ketiga yang di lihat Nabi yaitu seorang yang memanen hasil tanamannya , ketika orang itu sedang memanen yang ada didepanya maka secara langsung bekas yang di panen di belakangnya tumbuh lagi dan sudah siap di panen begitu seterusnya. Nabi bertanya kepada malaikat jibril, alangkah senang orang itu, memanen hasil tanamannya yang tak akan pernah habis siapa orang itu wahai malaikat jibril, lalu malaikat jibril menjawab ' itulah gambaran umatmu kelak yang semasa hidupnya suka bersodaqoh, infak ,zakat, serta amalan yang lain di dunia harta mereka kurang, tapi sebenarnya tidak akan kurang melainkan akan di ganti oleh Alloh dengan berlipat Ganda.


Selanjutnya perjalanan sampai ke langit tingkat ke 7 dan Nabi SAW menerima wahyu Alloh sholat 5 waktu dalam sehari semalam dan wajib di lakukan oleh seorang muslim yang sudah baligh. sholat 5 waktu itu adalah Isya , Subuh , dzuhur, ashar, dan magrib seperti yang kita lakukan sampai sekarang. Melalui Peringatan Isro Mi'roj Nabi Muhammad SAW ini kita tingkatkan kadar keimanan kita serta menjalankan syariat Islam secara penuh dan Ikhlas agar kita mendapat ganjaran yang setimpal serta mendapat syafa'at dari Nabi . semoga kita termasuk umatNYa yang beruntung di dunia dan di Akherat ,,,,, aminnnnn

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.