Thursday, April 5, 2012

Jenis Nutrisi Penting Selama Kehamilan

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/04/jenis-nutrisi-penting-selama-kehamilan.html



Kehamilan merupakan saat yang membahagiakan, terutama bagi calon ibu dan calon bapak. Dengan akan hadirnya calon anggota baru dalam keluarga, rumah akan terasa lebih menyenangkan. Begitu pentingnya masa kehamilan, sehingga ibu hamil harus menjaga dengan baik kondisi dirinya dan calon bayi.

Berikut ini jenis nutrisi yang penting selama kehamilan, yaitu:

  • Kalsium.
Kalsium diperlukan untuk memperkuat tulang dan gigi sang ibu hamil dan juga untuk pembentukan tulang bayi.

  • Asam folat dan Zat besi
Asam folat diperlukan untuk meningkatkan jumlah sel darah merah ibu hamil, pembentukan otak bayi dan juga membantu proses pembentukan jaringan. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko anemia yang berakibat keguguran, sedangkan pada janin berakibat pada ketidaksempurnaan perkembangan janin.



  • Olah raga

Perbanyak olah raga seperti belly dancing atau senam hamil, agar mempermudah proses melahirkan.

  • Multivitamin
Vitamin A berguna untuk memelihara kesehatan mata, memang vitamin A bisa disimpan didalam tubuh ibu hamil lewat jaringan lemak, namun kelebihan vitamin A dalam tubuh dapat meningkatkan resiko janin terkena cacat pada tabung saraf. Untuk menghindari resiko terjadinya hal tersebut, konsumsi multivitamin dengan takaran yang dianjurkan harus rutin dilakukan.

  • Makronutrien dan mikronutrien lain.
Konsumsi karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan air harus ditingkatkan minimal sebanyak dua kali, agar kebutuhan ibu hamil dan bayi tercukupi. Minimal seorang ibu hamil harus memiliki kenaikan bobot sebesar 11 kg untuk mendapatkan bayi dengan bobot 2.5 kg.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.