Wednesday, May 9, 2012

Tips Membentuk Kebiasaan Baik Anak 2

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/tips-membentuk-kebiasaan-baik-anak-2.html



Tumbuh positif, ceria dan percaya diri adalah beberapa sifat dasar yang berusaha ditanamkan oleh orang tua kepada anak. Namun ada satu hal lagi yang diperlukan dalam pembentukan karakter atau character building anak, yaitu disiplin dan bertanggung jawab.

Agar dapat menanamkan nilai positif kepada anak, orang tua hendaknya harus kompak. Sejak dini tunjukkan kepada anak bahwa keluarganya saling bekerja sama. Libatkan anak untuk ikut serta menolong dari hal-hal kecil, misalnya dengan mengangkat kedua tangannya saat orang tua akan mengganti bajunya.

Berikut ini tips membentuk kebiasaan baik untuk anak usia 19-24 bulan:

Pada usia ini, anak mulai sukar diajak tidur siang, makan dan tidur di malam hari. Orang tua dapat mengatasinya dengan cara konsistensi. Secara konsisten terapkan rutinitas yang sama setiap harinya, agar anak terbiasa melakukan kebiasaan baik.

  • Lakukan kontak mata.
Rendahkan tubuh sejajar anak sehingga orang tua bisa melakukan kontak mata dan meraih perhatiannya. Dalam posisi sejajar dengan anak, anak tidak akan merasa terintimidasi dan akan merasa lebih nyaman.

  • Berbicara dengan jelas.
Gunakan bahasa yang mudah dimengerti anak, sehingga anak merasa paham dengan yang diinginkan orang tua.

  • Tunjukkan dengan tindakan.
Orang tua juga sebaiknya menunjukkan dengan tindakan. Misalnya kalau sudah dua kali mengatakan suatu perintah, tetapi anak tetap bergeming, berikan contoh yang dimaksud. Mungkin anak belum paham yang diperintahkan orang tua. 

  • Gunakan bahasa tubuh.
Saat hendak meminta anak tidur siang, orang tua hendaknya menyentuhnya dan mengalihkan perhatiannya. Tuntun anak menuju kamar tidur dan tepuk-tepuk bantalnya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.