Wednesday, May 9, 2012

Tips Membentuk Kebiasaan Baik Anak 3

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/tips-membentuk-kebiasaan-baik-anak-3.html



Tumbuh positif, ceria dan percaya diri adalah beberapa sifat dasar yang berusaha ditanamkan oleh orang tua kepada anak. Namun ada satu hal lagi yang diperlukan dalam pembentukan karakter atau character building anak, yaitu disiplin dan bertanggung jawab.

Agar dapat menanamkan nilai positif kepada anak, orang tua hendaknya saling menghargai antara anggota keluarga. Menjadi pendengar yang baik untuk anak bisa menjadi salah satu bentuknya. Saat anak berbicara, hentikan aktivitas orang tua dan tunjukkan perhatian pada apa yang diucapkannya. Anak akan meniru dan menghormati orang tuanya dengan cara yang sama.

Berikut ini tips membentuk kebiasaan baik untuk anak usia 25-30 bulan:
Anak pada usia ini biasanya belum memiliki kemampuan bahasa yang sempurna, sehingga terkadang timbul kesan bahwa anak tidak menghormati orang tuanya. Mungkin anak bermaksud mengatakan kepada orang tuanya bahwa anak tidak setuju dengan perintah orang tuanya, namun karena keampuan verbalnya masih terbatas, anak dengan enteng menjawab dengan berteriak “tidaaakkkk mau...”.

  • Berbicara sopan.
Biasakan berbicara sopan kepada anak. Selalu biasakan mengucapkan kata “tolong”, atau “terima kasih” saat meminta pertolongan atau setelah anak melakukan tindakan yang diminta, dengan tulus.

  • Berbicara baik-baik.
Jika anak melakukan tindakan yang kurang terpuji, sebaiknya orang tua bicara secara baik-baik kepada anak. Memarahi anak karena perbuatannya hanya akan menciptakan rasa takut, bukan rasa hormat. Walaupun terkadang memang perlu memarahi anak, namun harus disesuaikan dengan usia anak.

  • Terapkan disiplin.
Terapkan disiplin dengan lembut tetapi tegas. Selain menunjukkan bahwa orang tua menghargai anak, orang tua juga konsisten mengajarkan hal-hal yang semestinya dilakukannya.

  • Hargai tindakannya.
Orang tua sebaiknya menghargai sikap baik anak dan memberikan pujian secara langsung apabila anak melakukan tindakan dan kebiasaan baik secara positif.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.