Saturday, August 4, 2012

Demam (2)


3 hari yang lalu datang berobat Sdr.L, 20 tahun.
Keluhannya: sejak 2 hari yang lalu ada demam, tidak ada Flu, tidak ada gejala batuk.

Ada banyak penyakit dengan gejala demam, dimana suhu tubuh > 38 derajat Celsius, antara lain: Tipes perut, Demam Berdarah Dengue, Malaria, Bronchitis, TBC paru, Campak, Infeksi saluran Kencing dan lain-lain.

Pada pemeriksaan fisik Sdr. L. tidak ditemukan kelainan. Saya minta pemeriksaan penunjang ( Laboratorium ) berupa pemeriksaan Darah di Laboratorium Klinik terdekat.

Hasil pemeriksaan Darah didapatkan: Jumlah Lekosit ( sel darah putih ): 6.000 ( normal ), Jumlah Thrombosit: 200.000 ( normal ), Tes Widal: Negatip.

Jadi bukan penyakit Tipes ( Widal: negatip ) dan bukan DBD ( jumlah Thrombosit normal ). Lalu apa penyakitnya?

Saat saya membaca hasil pemeriksaan Urine, pada sedimentnya terdapat Sel-sel darah putih ( Lekosit ): ++, bakteri: +. Berarti Sdr. L ini menderita Infeksi saluran kencing. ISK ini sering kali luput dari pemeriksaan, kalau Urine tidak diperiksa. Biaya pemeriksaan Urine : tidaklah mahal, dan mudah dilakukan.

Bila Dokter tidak teliti memeriksa dan melakukan pemeriksaan penunjang Urine, sering kali Diagnosa ISK luput dari Diagnosa.

ISK ini biasanya disebabkan oleh Bakteri Gram Negatip seperti: E. Coli ( yang paling sering ) dan lain-lain. Terapi ISK adalah pemberian antibiotika yang sesuai untuk mengatasi bakteri Gram negatip ini.

Bila ada gejala batuk ( Bronchitis, TBC paru ) diperlukan pemeriksaan penunjang Foto Rotgen Jantung dan Paru-paru. Pada pasien Sdr. L ini tidak dilakukan sebab ia tidak mengeluh ada batuk.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.