Sunday, September 23, 2012

BERJILBABLAH, kamupun cantik luar dalam

Wahai anita Berhijablah 

“Wahai perempuan perempuan surga selimutilah auratmu dengan hijab mu karena itu baik untuk mu”. Sepintas kata kata diatas menghimbau kepada para wanita agar menutupi auratnya dengan hijab. Berhijab bagi kaum perempuan itu hukumnya wajib karena itu perintah langsung dari Allah. Namun sayang pada kenyataanya saat ini wanita enggan sekali memakai jilbab. Alasanya bervariasi ada yang mengatakan aku belum siap dan ada pula yang bilang iman ku belum cukup, sungguh alasan yang kelasik bukan. Padahal Allah memerintahkan memakainya bukan menuggu sampai kita siap atau bahkan iman kita mantap. Akan tetapi lebih kepada ketaatan akan perintah Allah namun tetap dibarengi keimanan karena segala sesuatu bila tidak di barengi iman maka akan tersesat. Saya akan sedikit menjabarkan pro dan kontra dalam pemakaiaan hijab secara realita:

Yang pertama adalah hijab sebagai pelindung, bagi wanita zaman sekarang hijab itu bisa dijadikan tameng kenapa? Karena secara realita hijab itu merupakan penutup kekurangan misalnya di tubuhnya terdapat cacat atau rambutnya bermasalah, sehingga dengan hijab maka kekurangan itu akan tertutup.

Yang kedua adalah sebagian wanita berhijab agar lebih keliatan sholehah dan enak dipandang padahal sebenarnya tujuanya hanya untuk mengelabui lawan jenis, maksudnya adalah agar ia dianggap lebih keliatan alim. Akhirnya semua orang percaya akan keshalihanya, ketika semua orang percaya maka ia pun akan merasa bebas melakukan segalanya.

Yang ketiga karena paksaan dari orang tua yang menekankan pada agama disamping paksaan dari orang tua ada faktor intern seperti di keluarganya banyak yang menggunakan hijab sehingga ada perasaan takut di anggap apa? Namun alasan karna di paksa ini menimbulkan si anak nanti diluar rumah atau ketika ia bergabung dengan teman temanya ia akan merasa bebas dan cenderung berontak.

Yang ke empat hijab modern yang hampir semua kaum hawa menyukai mirip hijab ala yahudi yang hanya memprioritaskan kepada model dan ke anggunan tanpa berpegang kepada syariat, hal ini menyebapkan wanita tidak terlalu mementingkan makna sebenarnya dari berhijab tapi lebih kepada modernisasi saja.
Kesemua alasan di atas merupakan realita masa kini, sungguh aneh memang hijab di salah artikan fungsinya walau pada dasarnya hanya untuk menutup aurat. Wanita yang merasa wajib akan berhijab tau akan fungsi dan ketentuan yang sebenarnya diantaranya:

1. Hijab yang dikenakan musti longgar agar lekuk tubuh tidak nampak.
2. Bahan yang digunakan harus tebak dan tidak tipis, hal ini mencegah agar semua bentuk tubuh tidak terlihat.
3. Menutup semua anggota tubuh kecuali muka dan tangan.
4. Berhijablah seperti yang di ajarkan syariat bukan mengikuti mode hijab orang orang kafir.
5. Gunakan hijab sederhana jangan berlebihan karena akan terkesan pamer dan membagakan diri.
6. Dengan berhijab menunjukan identitas kita sebagai seorang muslimah.

Demikian berbagai pro dan kontra tentang hijab secara realitas semoga kita bisa mengambil hikmah dan memahami lebih dekat tentang hijab yang sebenarnya. Dengan begitu kesalah pahaman bisa kita minimalisir.


thanks to: http://id.shvoong.com/lifestyle/fashion-and-beauty/2275587-wahai-wanita-berhijablah/#ixzz27I4HmgRd


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.