Thursday, September 27, 2012

Tips Menata Rumah yang Terinspirasi dari Dunia Fashion

Dok. Thinkstock

Jakarta - Apa hubungan antara fashion dengan interior rumah? Aturan dalam berbusana ternyata juga bisa diterapkan pada penataan rumah Anda. Karena menurut About.com, aturan fashion dan cara-cara dasar dalam dekorasi rumah kurang lebih sama. Ini dia triknya.

1. Investasikan Benda Bergaya Klasik 
Jika harus mengeluarkan budget yang besar untuk mendekorasi ruangan, gunakan untuk membeli barang-barang bergaya klasik yang tidak akan terlihat ketinggalan zaman sehingga bisa Anda gunakan dalam jangka panjang. Meja makan klasik yang terlihat mewah, sofa yang tahan lama dan karpet klasik bisa dimasukkan dalam list Anda.

2. Warna Cerah yang Tidak Membosankan 
Warna netral terkadang bisa jadi sangat membosankan. Sesekali, ubahlah kebiasaan Anda dalam mendekorasi ruangan berwarna netral menjadi berwarna cerah. Faktanya, warna cerah dapat Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Daripada selalu mengecat tembok dengan warna putih, sesekali gantilah warna dinding ruangan Anda dengan warna biru langit yang sejuk, merah yang terang namun klasik, ataupun hijau muda yang menyegarkan mata.

3. Ukuran yang Sesuai
Sama halnya seperti pakaian, jika terlalu sempit akan tidak nyaman dipakai namun jika terlalu longgar maka terlihat tidak menarik. Bayangkan betapa sempitnya ruangan kecil yang diisi dengan ranjang berukuran besar atau betapa anehnya melihat ruangan luas yang hanya diisi dengan sofa berukuran kecil. Sesuaikanlah ukuran ruangan dengan interior yang Anda letakkan di ruangan tersebut.

4. Tonjolkan Apa yang Anda Sukai, Samarkan yang Tidak Disukai 
Biarkan apa yang Anda sukai menjadi pusat perhatian dari ruangan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan warna, pencahayaan, maupun pengaturan letak furnitur. Lakukan hal sebaliknya dengan hal-hal yang tidak Anda sukai dengan cara menyamakannya dengan warna dinding Anda atau samarkan dengan cara cerdas lainnya. Apakah ruangan Anda memiliki pemandangan yang menakjubkan ataupun tempat perapian yang indah? Aturlah furnitur Anda sedemikian rupa agar keindahan tersebut dapat menjadi pusat perhatian dari seluruh ruangan.

5. Warna yang Senada 
Jadikanlah satu warna sebagai warna utama dari ruangan Anda. Gunakan warna senada yang lebih terang sebagai warna dominan kedua. Jika ingin menambahkan warna ketiga, gunakanlah warna senada yang lebih terang dari warna dominan kedua dalam jumlah kecil seperti pada lukisan maupun hiasan ruangan yang berukuran tidak terlalu besar.

6. Alas Kaki Menawan dapat Membuat Keseluruhan Penampilan Menarik 
Karpet indah, lantai dari kayu yang terlihat mewah, maupun area permadani yang cantik dapat menjadi faktor pembentuk ruangan yang luar biasa. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan bermain dengan motif dan warna permadani.

7. Klasik dengan Tambahan Aksesori
Sama halnya dengan busana bergaya klasik yang bisa Anda kenakan dari pagi hingga acara makan malam dan terlihat berbeda hanya dengan mengganti aksesoris yang Anda pakai, furnitur klasik pun begitu. Benda-benda yang terlihat abadi seperti sofa berwarna coklat bisa Anda buat seakan terlihat berbeda dan tidak membosankan dengan cara mengganti warna sarung bantal sofa sesuai musim ataupun mood Anda.

8. Multifungsi adalah Pilihan yang Bijaksana 
Benda multifungsi dapat dipasangkan dengan apa saja. Jika dalam hal fashion Anda membeli sebuah jaket berbahan wol yang bisa dipadupadankan dengan rok maupun celana jeans favorit, maka dalam hal mendekorasi ruangan Anda dapat memilih kursi yang sarungnya dapat diganti sehingga Anda dapat menggantinya sesuai selera. Selain kursi, laci yang mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya ataupun sofa multifungsi yang dapat Anda gunakan sebagai tempat duduk untuk minum kopi di sore hari maupun sebagai tempat duduk tambahan bisa menjadi pilihan yang baik. (hst/hst)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.