Friday, September 28, 2012

Inilah 6 Taman Rekreasi dengan Toilet Terbersih se-Indonesia

Dufan (Risan Bagja/ detikTravel)

Jakarta - Dunia Fantasi (Dufan) di Jakarta menyandang peringkat pertama toilet umum taman rekreasi terbersih se-Indonesia. Selain itu, ada juga toilet dari 5 taman rekreasi lainnya sebagai yang terbersih se-Indonesia. Apa saja?

Turis mana yang betah berlama-lama di tempat wisata kalau toiletnya kotor dan becek? Oleh karena itulah, Kemenparekraf dalam program Sadar Wisata melaksanakan kegiatan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012.

Pada acara Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, diumumkan pemenang-pemenang penghargaan yang diikuti oleh 56 taman rekreasi dari 16 provinsi di seluruh Indonesia.

"Dufan menyabet peringkat pertama dengan nilai rata-rata 61,23," tutur Ketua Dewan Juri Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012, Naning S A Adiwoso, dalam acara penghargaan yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2012).

Sistem penilaian pengelolaan toilet ini mengacu pada unsur kebersihan, perawatan, dan kelengkapan peralatan. Selain itu, penilaian juga dipengaruhi oleh banyak atau tidaknya pengunjung taman rekreasi.

"Peringkat 2 adalah Trans Studio Makassar di Sulsel, dengan nilai rata-rata yang beda tipis dari peringkat pertama yaitu 61,11," tutur Naning S A Adiwoso, Ketua Dewan Juri Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012 saat penganugerahan kepada para pemenang.

Peringkat ke-3 disandang oleh Mikie Funland di Brastagi, Sumatera Utara dengan nilai rata-rata 61,11. "Untuk yang keempat, yaitu Juara Harapan 1, jatuh pada Seaworld Jakarta dengan nilai rata-rata 60,04," tambah Naning.

Taman rekreasi terbersih ke-5 adalah Dunia Air Tawar TMII dengan nilai rata-rata 57,36. Yang terakhir adalah Kids Fun Park di DIY dengan nilai rata-rata 56,48.

"Toilet bersih dibutuhkan oleh taman rekreasi untuk meningkatkan kunjungan wisata," kata Naning.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf Firmansyah Rahim mengatakan, penghargaan ini diharapkan akan mendorong masyarakat untuk lebih peduli dalam menggunakan toilet umum.

"Dan kepada para pengelola toilet dituntut agar selalu merawat dan menjaga kebersihan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat pengunjung taman rekreasi buatan, juga wisatawan," tambah Firmansyah.

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.