Saturday, September 29, 2012

Sendok Khusus Penderita Cerebral Palsy

Sri Hartini dan sendok khusus penderita cerebral palsy buatannya. (Foto: dok. UGM)

JAKARTA - Cerebral Palsy (CP) adalah sebuah penyakit yang masih belum diketahui persis penyebabnya. Anak-anak yang terjangkit penyakit tersebut memiliki kelainan pada fungsi otak, laju belajar, serta gangguan panca indera lainnya. Hal ini membuat si penderita kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, termasuk dalam urusan makan.

Kekakuan jari tangan menyebabkan para penderita CP kesulitan untuk menggenggam dan memegang sendok ketika makan. Kondisi ini bisa diatasi dengan sendok khusus buatan Sri Hartini, S.Kep., Ns., M.Kes. Bersama timnya, dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) itu merancang sendok dengan derajat kelengkungan yang berbeda dari sendok biasa dan dilengkapi dengan palang penahan.

"Pengukuran terhadap 51 anak CP menunjukkan jarak antara jari sampa mulut para penderita CP berkisar antara 0-11 cm. Dengan jarak itu, dihasilkan sudut pada siku dalam antara 45 sampai 90 derajat. Pengukuran berikutnya menghasilkan angka kelengkungan antara tangkai sendok dan kepala sendok yang sesuai adalah 135 derajat," papar Hartini, seperti dinukil dari laman UGM, Selasa (28/8/2012).

Sementara itu, kata Hartini, sendok ini juga dilengkapi dengan palang penahan yang berfungsi menahan jari penderita CP dalam memegang sendok. "Sendok menggunakan bahan kayu sonokeling yang tahan lama, ringan, dan tentunya tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya," ungkap Hartini.

Hartini telah mendaftarkan klaim paten atas temuan sendok khusus penderita CP ini. Diharapkan, sendok khusus ini dapat mengatasi masalah kesulitan penderita CP dalam menggunakan sendok.

"Karena berdasarkan survei di lapangan, ditemukan 30 persen penderita CP kesulitan, bahkan tidak bisa, menggunakan sendok yang biasa beredar di pasaran," pungkasnya.(rfa)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.