Thursday, September 27, 2012

Kelalaian Manusia Jadi Faktor Utama Kecelakaan Lalu Lintas

Ilustrasi - google.co.id

Jakarta Korlantas Mabes Polri menyebut kelalaian manusia menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Bertambahnya kendaraan secara signifikan juga disebut ikut menyumbang angka kematian dalam kecelakaaan.

"Faktor lainnya adalah kelalaian manusia dan ini menduduki posisi puncak pemicu kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Korlantas Polri, Irjen Pudji Hartanto, dalam sambutannya di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (23/9/2012).

Pudji menyebut kesadaran berlalu lintas sungguh memprihatinkan. Berdasarkan data yang dimiliki Korps Lalu Lintas Polri, kelalaian dan ketidaksadaran ini menjadi penyebab utama kecelakaan yang merenggut nyawa sia-sia. "Kondisi ini sungguh mengenaskan," kata Pudji.

Selain itu, ledakan jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan jalan salah satu penyebabnya. Untuk tahun 2012, jumlah kendaraan bermotor mencapai angka fantastis dengan jumlah sekitar 83 juta unit dan 69 jutanya adalah kendaraan roda dua. Pudji mencontohkan, di Jakarta jumlah kendaraan bermotor hampir mendekati jumlah penduduknya, yakni 14 juta. Jumlah kendaraan yang terus tumbuh tidak diikuti dengan prasarana yang memadai.

"Jumlah jalan baru dengan jumlah kendaraan tidak berimbang," terangnya.

Untuk mengurangi tingkat kecelakaan, Korlantas menjalankan program untuk menciptakan kesadaran dan disiplin lalu lintas. Namun Pudji mengakui, tidak mudah untuk mewujudkan hal tersebut.

"Dibutuhkan kerja keras. Apalagi menumbuhkan budaya baru. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Perlu proses yang terus menerus, agar generasi mendatang menjadi paham pentingnya sebuah keselamatan di jalan raya," jelasnya.(fiq/vta)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.