Thursday, September 27, 2012

Camp militer Romawi dekat desanya Asterix dan Obelix ditemukan

Lukisan ilustrasi peperangan Gallic oleh Lionel Noel Royer yang dibuat tahun 1899 (© En.Wikipedia.org)

Beberapa peneliti dari sebuah universitas di Jerman berhasil mengidentifikasi sebuah lokasi yang mereka yakini adalah base camp tentara Romawi yang dibuat sekitar pada 50 tahun sebelum masehi pada saat pecah perang Gallic.

Selain menemukan bekas base camp militer Romawi tersebut, para peneliti juga mempunyai asumsi bahwa di tempat tersebutlah Julius Caesar berhasil menguasai suatu tempat yang dinamakan Gaul. Menurut Wikipedia, Gaul adalah tempat yang mempunyai nama latin Gallia.

Sebenarnya, camp militer tersebut telah diketahui sebelumnya, namun para arkeolog masih kesulitan menentukan letak pastinya.

"Camp tersebut berada sekitar 5 kilometer dari camp lain yang berada di Hermeskeil," ungkap salah seorang peneliti seperti yang dikutip Red Orbit (16/09).

Musim panas lalu, para peneliti juga pernah menemukan batu paving dan beberapa kuku kaki yang diperkirakan milik seorang tentara Romawi. Walaupun telah menemukan beberapa bukti, namun para peneliti masih akan terus meneliti temuan mereka tersebut.

"Penemuan ini adalah secuil dari bukti sejarah yang dapat mengungkap episode sejarah dunia lainnya," tambah Dr Sabine Hornung, seorang peneliti dari Institute of Pre- and Protohistory.

Mungkin setelah menemukan letak base camp tentara Romawi tersebut, para peneliti juga dapat berhasil menemukan rumah Asterix, Obelix beserta sang anjing, Idefix.[das]

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.