Thursday, September 27, 2012

Rahasia Kursi Mempercantik Ruangan

www.houzz.com 
Anda bisa membuat kontras dua corak dan warna berbeda untuk menciptakan kekontrasan tinggi. Tanpa kekontrasan yang tinggi, kedua bahan ini saling "bercampur" satu sama lain.

KOMPAS.com - Mempercantik interior rumah tidak perlu mahal. Anda hanya membutuhkan sedikit kreativitas dan banyak niat. Tidak percaya?

Salah satu cara dapat Anda lakukan untuk mempercantik tampilan rumah Anda adalah menghiasi kursi-kursi dengan bahan yang cantik. Bukan sembarang bahan, cobalah Anda memadukan dua jenis bahan dalam satu kursi yang sama.

Rahasianya sederhana, yaitu membuat kontras dua corak dan warna berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan kekontrasan tinggi. Tanpa kekontrasan yang tinggi, kedua bahan ini saling "bercampur" satu sama lain.

Namun, kemungkinan besar kedua bahan ini akan tampak saling "menabrak". Maka, perhatikan, batasi diri Anda untuk hanya menggunakan dua macam bahan. Memakai tiga atau empat macam bahan akan menciptakan kebingungan. Simak tipsnya berikut ini:

1. Berikan hubungan antara bahan dan elemen lain di ruangan

Anda dapat mencocokkan bahan bercorak dengan bahan jeans polos untuk kursi di ruang makan. Kemudian, bahan bercorak yang sama Anda gunakan juga untuk gorden di ruangan tersebut.

Perhatikan detail untuk mencari "garis merah" antara bahan yang Anda pilih dan ornamen atau perabotan lain di ruang tersebut.

2. Semarakkan ruangan yang netral

Jika ruangan tempat menaruh kursi didominasi oleh warna-warna netral, Anda bisa memberikan "kejutan" di ruangan tersebut. Anda dapat menggunakan kain dengan corak besar untuk memberikan statement yang mencuri perhatian.

www.houzz.com 
Batasi diri Anda untuk hanya menggunakan dua macam bahan. Memakai tiga atau empat macam bahan akan menciptakan kebingungan.

3. Meriah, tapi tidak mencolok

Untuk ruangan yang sudah memiliki wallpaper atau banyak ornamen, ada baiknya jangan mencoba menabraknya. Gunakan corak yang mementingkan detail.

4. Serasikan dengan ukuran ruangan

Sofa yang besar akan terasa "menguasai" ruangan, terutama jika Anda memberikan corak yang juga begitu besar. Daripada menutupi seluruh bagian kursi dengan bahan bercorak tebal dan besar, lebih baik pilih sebagian kursi tersebut untuk diberikan corak ramai. Sisanya, Anda hanya perlu warna senada tanpa corak.

5. Satukan warna perabot

Ketika memilih corak untuk kursi Anda, perhatikan juga warna perabotan Anda. Jika memiliki perabotan dengan warna-warna cukup mencolok, tidak ada salahnya menggabungkan warna tersebut pada kursi-kursi Anda. Dengan begini, kursi bisa "menyatukan" perabotan di dalam ruangan tersebut.

6. "Membesarkan" perabot kecil

Untuk perabot yang terlalu pucat dan "menyatu" begitu saja dengan ruangan, Anda perlu "angkat" perabot tersebut dengan corak yang besar. Anda harus membuat perabot tersebut mampu menarik perhatian.

www.houzz.com 
Untuk ruangan yang sudah memiliki wallpaper atau banyak ornamen, ada baiknya jangan mencoba menabraknya. Gunakan corak yang mementingkan detail.

Selamat mencoba!

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.