Thursday, September 27, 2012

Ditemukan Fosil Manusia Modern Awal di Asia Tenggara

(Foto: Itechpost) 

VIENTIANE - Sebongkah tengkorak telah diamankan dari gua di Annamite Mountains, Laos bagian utara. Tengkorak tersebut merupakan fosil manusia modern awal yang pernah ditemukan di Asia Tenggara, berusia antara 46 ribu sampai 63 ribu tahun lalu.

Dilansir Stonepages, Senin (3/9/2012), penemuan ini mengingatkan waktu pada migrasi manusia modern yang ada di wilayah Asia Tenggara. Temuan ini juga menunjukkan bahwa pengembara kuno beranjak dari wilayah Afrika untuk menemukan tempat hidup baru lebih awal daripada yang diperkirakan oleh peneliti.

Temuan ini mengungkap, adanya pendatang manusia modern awal yang tidak mengikuti sepanjang pesisir selatan hingga ke pulau di Asia Tenggara dan Australia. Beberapa peneliti menduga bahwa manusia purba tersebut melakukan perjalanan ke utara dengan medan permukaan yang berbeda.

"Mengingat usia, fosil di sekitar wilayah ini bisa menjadi nenek moyang langsung dari imigran pertama ke Australia," ujar ahli antropologi dari Illinois University, Laura Shackelford. Ia mengatakan, kemungkinan mereka melakukan perjalanan melalui jalur migrasi yang berbeda hingga sampai ke Asia Tenggara.

Penemuan ini juga mengungugah peneliti untuk meneliti genetik manusia purba modern tersebut, yang menunjukkan mereka pernah hidup sekira 60 ribu tahun lalu. "Ini adalah bukti fosil pertama yang mendukung data genetik," terang peneliti, Shackelford.

Kendati demikian, tidak ditemukan artefak yang berada di sekitar fosil. Hal ini menandakan, gua tersebut bukan merupakan situs hunian atau penguburan. Shackelford menambahkan, kemungkinan manusia purba tersebut meninggal di luar dan tubuhnya kemudian di bawa ke dalam gua. (fmh)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.