Saturday, September 1, 2012

Apa Batasan Inovasi, Inspirasi dan Plagiat?


Desain tipis dari MacBook Air memang boleh dikatakan sebagai penginspirasi banyak perusahaan laptop untuk membuat produk mirip dengan ciptaan Apple tersebut.

Cnet (30/08) menyebutkan setidaknya terdapat 3 laptop yang memiliki warna, desain dan penataan keyboard serta touch-padnya mirip dengan Apple. Memang Cnet tidak serta merta memberitahukan yang mana MacBook Air. Mereka sengaja memberikan sebuah pertanyaan agar pembacanya menebak sendiri laptop mana yang asli besutan Apple.

Satu hal yang dapat ditarik dari gambar milik Cnet tersebut adalah inovasi dan plagiat saat ini sangat tipis batasannya. Menurut perkataan beberapa pakar, banyak inovasi teknologi yang juga terinspirasi dari desain dan segala hal produk sebelumnya.

Memang tidak dapat dikatakan bahwa inovasi, inspirasi serta plagiat tersebut adalah satu hal yang sama. Namun, merujuk kepada pergulatan Apple dan Samsung di pengadilan memberikan satu pemikiran bahwatiga hal tersebut hampir tidak mempunyai batasan yang pasti. Bagaimana menurut Anda? [das]

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.