Wednesday, September 19, 2012

Operating system gratis dari Linux bernama Mint 13 'Maya'

Linux Mint 13 'Maya' (© Oneopensource.it)
Pada akhirnya, team Linux berhasil menyelesaikan Linux Mint 13 'Maya' atau operating systemterbaru dari Linux. Menurut Softpedia.com, Maya hadir dalam dua varian yaitu Cinnamon desktop environment (GNOME 3 fork) dan MATE desktop environment (GNOME 2 fork).

Selain menjadi operating system yang open source atau didistribusikan secara gratis, Maya juga termasuk LTS atau Long Term Support yang mempunyai artian memiliki security update sampai dengan 5 tahun lamanya. Patch security Maya akan meminta update lagi pada bulan April 2017 mendatang.

Menurut blog resminya, Blog.Linuxmint.com, memiliki fitur utama yaitu MATE 1.2, Cinnamon 1.4, MDM, Artwork improvements, dan Search engines. Maya membutuhkan spesifikasi khusus untuk dapat digunakannya beroperasi.

Spesifikasi yang diperlukan Maya adalah komputer dengan prosesor x86 (untuk Linux Mint 64-bit memerlukan komputer dengan prosesor 64-bit sedangkan untuk Linux Mint 32-bit memerlukan komputer dengan prosesor 32-bit dan 64-bit). Membutuhkan 5Gb ruang kosong, graphic card yangsupport resolusi 800 x 600 pixel.

Sekarang, Linux Mint 13 'Maya' dapat diunduh secara gratis. Di bawah ini adalah link untuk mengunduh operating system terbaru dari Linux ini.
Dikarenakan masih tergolong baru, maka team Linux memerlukan feedback dari penggunaoperating system ini untuk dijadikan tolak ukur keberhasilan mereka dalam menciptakan Linux Mint 13 'Maya'. Tertarik? Silahkan telusuri link di atas. [das]

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.