Thursday, September 20, 2012

Media Sosial Salah Satu Penentu Kemenangan

Sesuai Hitung cepat Jokowi-Ahok Lebih Disukai


JAKARTA — Pernyataan Jokowi bahwa warga Jakarta akan membuat kejutan saat Pemilukada DKI putaran kedua dilakukan ternyata menjadi kenyataan. Berpasangan dengan Basuki Tjahya Purnama atau akrab disapa Ahok, berdasarkan hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Citra Komunikasi LSI memastikan Jokowi/Ahok mengalahkan Fauzi Bowo/Nara dengan perbandingan suara 53,68 persen melawan 46,32 persen.

Peneliti LSI Setia Darma dan Direktur CKL Toto Izul Fatah mengatakan hasil hitung cepat menunjukkan pasangan Jokowi-Ahok (nomor urut 3) unggul di lima wilayah Jakarta yaitu Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Sementara itu pasangan Foke-Nara (nomor urut 1) hanya unggul di Kepulauan Seribu.

Menurut Setia, sejumlah faktor penyebab kemenangan pasangan Jakowi-Ahok adalah Jokowi-Ahok lebih diukai sebanyak 65,2 persen responden sedangkan pasangan Foke-Nara hanya 60,9 persen.

Penyebab lainya, dalam hal kinerja untuk Foke yang menyatakan puas hanya 55,7 persen responden (publik), disusul yang menyatakan tidak puas 36,2 persen dan tidak menjawab 8,1 persen.

Masyarakat Jakarta menginginkan perubahan yang dilihat bahwa sebanyak 87,7 persen responden (publik) menyatakan tidak nyaman tinggal di Jakarta dan hanyak 12,3 persen responden menyatakan nyaman di Jakarta.

Penyebab terakhir masalah sosialisasi dan dukungan yaitu dukungan lewat sosial media (twitter, fb, yahoo) yang tinggi kepada pasangan Jokowi-Ahok sebanyak 55,20 persen responden menjadi salah satu penentu kemenangan, sedangkan dukungan Sosmed atas pasangan Foke-Nara hanya 34,10 persen dan yang tidak menjawab hanya 10,70 persen.

Sementara itu Toto Izul Fatah menyatakan kendati hasil hitung cepat LSI dan CKL menyebutkan pasangan Jokowi-Ahok yang akan terpilih sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI (2012-2017), namun untuk hasil resmi masyarakat diharapkan menunggu dari hasil penghitungan KPU DKI Jakarta yang akan diumumkan pada awal Oktober 2012.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.