Thursday, September 20, 2012

Orangutan Juga Gemar Gadget


KOMPAS/LUKAS ADI PRASETYA
Program Samboja Lestari, di kawasan ekowisata terbatas milik Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOS) di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, memiliki 224 individu orang utan yang direhabilitasi. Demi rehabilitasi dan rencana pelepasliaran, yang bisa dilihat wisatawan-tanpa menyentuh-hanya orangutan yang tidak mungkin lagi dilepasliarkan, yakni di Pulau 5, salah satu pulau buatan di ekowisata tersebut, Rabu (15/8/2012).


TORONTO, KOMPAS.com - Tak cuma manusia yang gemar gadget. Orangutan, ”saudara tua” manusia, ternyata juga tertarik dengan aplikasi komputer.

Dalam program bernama ”Apps for Apes” atau aplikasi untuk kera, 12 kebun binatang di Amerika Serikat dan Kanada menyediakan komputer tablet iPad untuk digunakan orangutan.

”Ternyata, seperti manusia, mereka suka menyentuh tablet, melihat video pendek, seperti acara tentang alam yang dibawakan Sir David Attenborough, dan melihat gambar hewan atau orangutan lain,” kata Richard Zimmerman, pendiri dan Direktur Orangutan Outreach, organisasi nonprofit berbasis di New York yang menjalankan program tersebut.

Dua kali sepekan orangutan diberi akses pada tablet, yang mereka gunakan 15-30 menit untuk menggunakan berbagai perangkat lunak di dalamnya, tergantung tingkat perhatian mereka. Perangkat lunak yang menstimulasi aktivitas anak-anak seperti melukis, musik, atau permainan ingatan termasuk aplikasi paling populer untuk orangutan. (Reuters/Was)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.