Sunday, October 14, 2012

Negara Mana Pencipta Mie?

Mie Goreng 

Asal usul mie hingga kini masih menjadi bahan perdebatan. Beberapa pendapat mengatakan, mi pertama kali dibuat di daratan Mediteranian. Pihak lain menyebut teknologi pembuatan mie dikembangkan di Timur Tengah.

Ada pula catatan tua yang merekam bahwa mie pertama kali dibuat pada zaman Dinasti Han di China tahun 25-200 M. Kemudian pada 2005 ditemukan mie tertua yang berumur 4.000 tahun di daratan China. Penemuan ini menjadi bukti bahwa penduduk China modernlah yang pertama kali membuat mie. Bisa jadi juga teknologi pembuatannya mengadopsi dari Timur Tengah.

Pendapat lain mengatakan, mie berawal dari pasta sehingga menunjuk Italia yang pertama membuat mie. Namun, banyak sejarawan percaya bahwa ketika Marco Polo berkunjung ke China pada abad ke- 13, dia menyukai mie dan membawanya ke Italia, lalu memengaruhi masakan di negaranya. Pada kenyataannya, mie tidak menjadi makanan pokok di Italia sampai abad ke-17 dan 18.

Di benua Asia, mie tidak begitu banyak menyebar sampai kira-kira tahun 100 M. Pada tahun tersebut mie mulai dikenal dan disukai di beberapa negara, seperti Jepang, Korea, Vietnam, Laos, bahkan sampai negara-negara pulau di Asia Tenggara. Meski asal-usul mi masih kabur, yang jelas mie memiliki simbol tersendiri di negara tertentu. Seperti budaya China yang memandang mie sebagai simbol kehidupan yang panjang.

Karenanya, mie secara tradisional sering disajikan pada acara ulang tahun dan saat Tahun Baru China sebagai lambang umur panjang sehingga versi kue ulang tahun China adalah mie ulang tahun. Lain lagi dengan di Jepang, mie dimasukkan ke dalam upacara minum teh dan membuat mie dianggap sebagai seni tersendiri di negara tersebut. Mie bahkan menjadi lebih penting di Jepang setelah Perang Dunia II ketika kekurangan makanan dan hanya mie kering yang tersedia.

Penulis: sri noviarni

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.