Thursday, September 20, 2012

Makin Sering Buka Facebook, Makin Malas Olahraga?

Ilustrasi membuka Facebook. ©2012 Shutterstock/Yuganov Konstantin

Kecanduan sosial media memang telah menyerang orang-orang dari berbagai kalangan. Sayangnya ada berita buruk bagi Anda yang sering menghabiskan waktu membuka Facebook. Sebab semakin sering mengakses sosial media sama dengan semakin malas Anda untuk berolahraga, demikian menurut penelitian terbaru.

Seperti yang dilansir dari The Daily News (17/09), peneliti dari University of Ulster di Irlandia Utara meminta 350 siswa untuk melengkapi kuesioner tentang banyaknya waktu yang mereka habiskan dalam mengakses sosial media dan olahraga.

Kebanyakan siswa membuka akun sosial media rata-rata satu jam setiap hari. Kemudian ada juga yang menyebut diri mereka lumayan aktif di sosial media sampai sangat aktif.

Sementara itu, bagi siswa yang tergolong sangat aktif mengakses sosial media, ternyata hal itu tidak sejalan dengan aktivitas fisik yang dilakukan. Di antara 350 siswa, cuma ada 25 persen dari mereka yang mengaku anggota dari tim olahraga di sekolah.

Peneliti kemudian menemukan kalau semakin banyak siswa mengakses sosial media, makan semakin malas mereka untuk berolahraga. Hal ini terbukti bahwa penggila Facebook jarang ditemukan bermain dalam tim olahraga di sekolah.

"Waktu adalah sesuatu yang terbatas, jadi menghabiskannya untuk membuka Facebook akan berdampak pada menurunnya aktivitas fisik atau olahraga," tutur kepala peneliti Dr Wendy Cousins.

Hasil penelitian ini pun telah dipresentasikan dalam konferensi British Psychological Society's Division of Health Psychology di Liverpool minggu ini.[riz]

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.