Friday, October 5, 2012

Fitur Region-Lock Bakal Batasi Game di Wii U

Oleh Ahmad Luthfi

Ilustrasi - bgr.com

TOKYO - Nintendo mengonfirmasi adanya pembatasan untuk permainan yang bisa dimainkan di konsol Nintendo Wii U berdasarkan wilayah negara. Dengan fitur ini, Nintendo mengumumkan bahwa software (game) hanya dapat dimainkan di wilayah yang sama, di mana gamer membelinya.

Situs berita IGN melaporkan bahwa anggota NeoGAF telah mengungkapkan bahwa Nintendo akan mengusung fitur region-lock pada konsol anyar besutannya.

"Apa yang bisa dimainkan di Wii U, dibatasi melalui fitur region-lock (kunci berdasarkan wilayah). Sehingga, software yang tidak dijual di wilayah yang sama tidak akan dapat dimainkan," jelas sumber tersebut, seperti dilansir Vg247, Selasa (25/9/2012).

Produsen konsol asal Jepang itu tampak tegas dengan pengaturan tentang fitur penguncian berdasarkan wilayah tersebut. Selain konsol Wii U, Nintendo juga menerapkan hal yang serupa dengan konsol lainnya, seperti Wii, 3DS serta DS.

Detail mengenai fitur ini belum terkuak secara luas. Namun kabarnya dengan fitur region-lock ini, maka gamer yang ingin memainkan game tertentu di Wii, disarankan untuk membeli konsol Wii U di Jepang.

Sementara itu, bila melirik kompetitornya seperti Sony PlayStation 3 atau Xbox 360, konsol tersebut tidak mengadopsi fitur region-lock. Sehingga, gamer bisa memainkan game apapun dan di wilayah manapun dengan bebas. (fmh)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.