Friday, October 5, 2012

Nyaman Beranjangsana dengan Mobil Hijau

Terlepas dari minimnya (polusi) suara yang ditimbulkan mobil hijau, masih ada sederet keuntungan menggunakan mobil hijau.

(Thinstockphoto)

Sama sekali tidak terdengar raungan suara mesin saat seorang rekan men-starter mesin green car atau mobil hijaunya. Kendaraan berpenampilan trendi ini pun melaju nyaman dalam hening di tengah belantara lalu lintas perkotaan yang riuh dan menjenuhkan.

Terlepas dari minimnya (polusi) suara yang ditimbulkan mobil hijau, masih ada sederet keuntungan menggunakan mobil hijau. Bebas polusi udara, eco-friendly dan hemat energi. Selain trendi, biaya perawatan mobil hijau juga lebih efisien, tidak mahal dan tidak serumit mobil non hijau.

Sang rekan percaya, dengan memiliki dan mengendarai mobil hijau maka secara langsung turut berkontribusi menjaga lingkungan. Menciptakan kondisi udara yang lebih baik—bebas polusi.

Berbeda dengan mobil kebanyakan, mobil hijau melepas lebih sedikit gas karbon dioksida dan karbon monoksida. Makin sedikit gas buang, makin lestari lingkungan. Sebagaimana kita ketahui, menghirup udara yang tercemar kedua gas berbahaya itu dapat mengganggu kesehatan. Terutama saluran pernapasan, bahkan menyebabkan kanker dan kematian.

Mobil hijau menggunakan bahan bakar hidrogen atau elektrik (listrik) yang ramah lingkungan. Pengeluaran bahan bakar bensin pun dapat dihemat hingga 98 persen. Mobil hijau tak hanya menguntungkan bagi lingkungan, juga keuangan penggunanya. Terlebih pajak mobil hijau jauh lebih rendah dibanding mobil non-hijau.

Selain Toyota Prius dan Lexus RX-450, pilihan mobil hijau kini tertuju pada "Agya" dan "Ayla," mobil compact hasil kolaborasi terbaru PT Astra Internasional Tbk (ASTRA), Toyota Motor Corporation (TOYOTA), dan Daihatsu Motor Company (DAIHATSU).

Mobil berkapasitas lima penumpang yang dirancang mengikuti program pemerintah Low Cost Green Car (LCGC) ini dikenalkan kepada kalangan pejabat dan pers dalam acara bertajuk Kebanggaan untuk Indonesia pada Rabu (19/9) di Ballroom 3, Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (ujung kiri) di peluncuran Agya dan Ayla di Jakarta, Rabu (19/9). (Vega Probo/NGI) 

Agya dan Alya juga akan ditampilkan di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) ke-20 yang berlangsung pada 21-30 September 2012 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Hadir selaku tuan rumah acara Kebanggaan untuk Indonesia, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, Executive Vice President Toyota Motor Corporation Yukitoshi Funo, dan President Daihatsu Motor Company Koichi Ina.

Tamu undangan, Menteri Perdagangan Gita Wiryawan, dalam kata sambutannya memuji desain kedua mobil hijau yang luar biasa dan harga yang relatif terjangkau. Hal senada juga disampaikan Menteri Perindustrian Muhammad S. Hidayat yang menyatakan dukungan pemerintah terhadap produksi mobil hijau. Selain ramah lingkungan, juga mengikuti tren dan memenuhi kebutuhan.

Inilah salah satu cara memberi yang terbaik bagi Planet Bumi tercinta tempat kita berpijak: berkendara dengan mobil hijau.

(Vega Probo)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.