Friday, October 5, 2012

Kata BBM Resmi Masuk Collins English Dictionary


CHIP.co.id - BBM, nama lain untuk aplikasi populer BlackBerry Messenger, telah resmi memasuki ranah vernakular modern, dengan diumumkannya bahwa nama itu telah dimasukkan dalam edisi terbaru Collins English Dictionary.

Masuknya nama BBM ini mencerminkan popularitas yang luar biasa untuk layanan global BBM. Dari asal-usul sederhana sebagai alat bisnis, saat ini BBM digunakan oleh lebih dari 56 juta orang di seluruh dunia, dengan 70% dari pengguna melakukan 'BBMing' setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga dan rekan kerja. Di Indonesia, sebagai negara yang sering disebut sebagai ‘BlackBerry Nation’, dimana BlackBerry mendominasi pasar smartphone, BBM merupakan aplikasi instan messaging yang paling digemari dan paling banyak digunakan.

Pengumuman dari Collins tersebut memperkuat referensi budaya-budaya baru pada 'BBM', seperti baru-baru ini dari sprinter Jamaika, Usain Bolt. Beberapa saat setelah memenangkan medali emas di 100 meter Olimpiade London 2012, pemegang rekor dunia ini memberikan wawancara televisi dan ia berkata: "Yang saya harus lakukan adalah berterima kasih kepada beberapa orang yang memberi ucapan selamat melalui BBM saya dan itu cukup banyak". Artis musik seperti Tinie Tempah dan Sean Kingston bahkan menyebutkan BBM dalam lagu-lagu mereka yaitu 'Miami to Ibiza' dan, yang sangat pas berjudul 'BBM'."

Dimasukkannya BBM ke dalam Collins English Dictionary berarti mengakui statusnya sebagai salah satu jaringan yang paling populer di dunia jaringan sosial. Dalam beberapa tahun terakhir, istilah 'BBM' telah melampaui asal teknologi untuk menjadi merek yang merupakan bagian dari bahasa sehari-hari jutaan orang di seluruh dunia. Layanan itu sendiri terus berkembang, dengan kemampuan dari para 'BBMers' untuk berbagi konten, membuat grup dan bahkan memasang pembaruan status ke situs jejaring sosial seperti Facebook® dan Twitter® dari aplikasi BBM langsung. Kami merasa terhormat bahwa kata yang digunakan sehari-hari oleh jutaan pelanggan kami telah resmi diterima ke dalam bahasa Inggris," ujar T.A. Mc Cann, Wakil Presiden BBM dan Komunitas Sosial RIM.

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.