Thursday, October 4, 2012

Stepping Stone Rapi, Taman Tampil Berseni

Oleh Feni Freycinetia (@deardor)


Bukan hanya fungsional sebagai tempat berpijak, jalan setapak akan membuat apik wajah ruang luar.

Stepping stone atau jalan setapak termasuk salah satu elemen keras atau hardscape . Fungsinya ada dua yakni, sebagai media untuk berpijak sekaligus berperan untuk mempercantik tampilan taman. Berkat stepping stone , Anda tetap bisa menikmati kesegaran tanaman tanpa harus takut menginjak rumput atau tanah basah.

Meskipun kelihatannya mudah, ada poin-poin penting dalam pemasangan jalan setapak. Mulai dari pemilihan material, penempatan, hingga kombinasi dengan elemen tanaman (softscape). Yuk , ikuti langkah-langkah berikut agar stepping stone terpasang dengan apik di taman rumah.

Untuk material, Anda bisa memilih stepping stone berbahan batu paras yang membentuk kotak persegi panjang. Pilih ukuran yang sesuai dengan luas dan tema taman rumah Anda.

Apabila Anda ingin menonjolkan keindahan elemen hardscape pada taman, Anda bisa memasang stepping stone material beton. Jalan setapak dari beton ini cocok disandingkan dengan batu koral sikat. Hasilnya, taman kering Anda akan terlihat sederhana dan bersih.

Selain kombinasi batuan, Anda juga bisa mengisi celah-celah stepping stone dengan rumput-rumputan. Gabungan yang dinamis antara softscape dan hardscape niscaya membuat taman terlihat lebih segar.

Pasang stepping stone untuk menghubungkan satu titik dan titik lain di taman, misalnya pintu dengan gazebo, kursi taman, atau ayunan. Bila Anda memiliki taman yang cukup luas, Anda bisa berkreasi dengan membuat desain yang melengkung.

Jangan terpaku untuk memasang stepping stone dengan bentuk kotak atau persegi panjang. Permainan bentuk-bentuk geometris lain seperti lingkaran, wajik, atau bentuk-bentuk lain sesuai dengan selera dan tema taman.

Foto: Dok.iDEA

Sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.