Monday, October 8, 2012

140 Komunitas Bakal Ramaikan Social Media Fest 2012

KOMPAS.com/del 
Panitia dan pendukung acara pada press conference Social Media Festival 2012, Rabu (26/9/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah komunitas yang mengikuti ajang Social Media Festival tahun ini bertambah drastis. Apabila di tahun sebelumnya hanya ada 70 komunitas yang bergabung, tahun 2012 ini sudah ada 140 komunitas yang menyatakan akan mengikuti ajang tersebut.

"Sebenarnya, kami ingin menampung lebih banyak lagi komunitas di ajang Social Media Festival ini," kata Shafiq Pontoh, Comitee Sponsorship Social Media Festival 2012.

"Bukannya kami pelit, tetapi karena terbatasnya area ajang ini, kami hanya dapat menampung 140 komunitas saja.", kilah Shafiq.

Di ajang Social Media Festival 2012 nanti, akan ada sekitar 140 booth yang tersedia untuk 140 komunitas, 30 startup, dan 40 market place.

"Menurut pengalaman dari tahun sebelumnya, tidak semua komunitas mampu menjaga booth mereka selama 3 hari berturut-turut. Oleh karena itu, dalam ajang tahun ini, satu booth akan diisi oleh tiga komunitas sekaligus," ujar Shafiq.

"Bisa saja ada satu komunitas yang pergi mengunjungi booth komunitas lain sehingga booth mereka sendiri kosong. Jika diisi oleh tiga komunitas, mereka bisa melakukan hal tersebut secara bergantian. Booth pun tidak akan pernah kosong," tambahnya.

Social Media Festival 2012 akan diadakan dari 12 hingga 14 Oktober di Gelanggang Renang Senayan, Jakarta.

Tahun ini, Social Media Festival mengusung tema "Create and Collaborate".

Ajang Social Media Festival 2012 ini diadakan bersama oleh Kaskus, Salingsilang.com, dan Daily Social. Acara ini juga didukung oleh Acer, US Embassy, dan Smartfren.

Konsep dari ajang Social Media Festival 2012 ini tidak akan berbeda dari tahun lalu. Para pengunjung akan dihibur dengan hiburan yang ada di panggung utama oleh para musisi, artis, figur publik yang aktif dan tumbuh besar di media sosial.

Tahun lalu, Social Media Festival dikunjungi lebih dari 40.000 orang. Di 2012 ini, panitia berharap ada 100.000 pengunjung yang menghadiri ajang tersebut.

Ajang ini juga akan dimanfaatkan oleh para komunitas untuk saling bertemu dan berdiskusi. Event ini juga dapat diartikan sebagai tempat kopdar (kopi darat-kumpul) akbar penggiat Internet Indonesia.

Di ajang yang sama tahun lalu, para komunitas yang datang sudah banyak mendiskusikan mengenai hal apa saja yang banyak terjadi di dunia social media. Tahun ini, pihak panitia berharap para peserta akan mendapatkan manfaat lebih dari sekadar membicarakan isu yang terjadi di dunia media sosial.

"Di ajang Social Media Festival 2012 ini, kami berharap para komunitas tersebut, sesuai dengan tema tahun ini, dapat membentuk sesuatu yang bisa bermanfaat bagi mereka dan khalayak," tutup Shafiq.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.